Berita / Kampus

BANGKITKAN KREATIVITAS MAHASISWA STAIN MANDAILING NATAL GELAR OLIMPIADE DAN PEKAN KREATIVITAS MAHASISWA(PKM) TAHUN 2024

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 30 Mei 2024


Panyabungan - Kamis, 30 Mei 2024. STAIN Mandailing Natal adakan olimpiade dan pekan kreativitas mahasiswa, kegiatan ini merupakan salah satu ajang kompetisi mahasiswa dalam eksistensi diri berdasarkan pemikiran dan perilaku yang ditunjukkan mahasiswa yang akan bersifat kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan) Kamis, 30/05/2024.

Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill dan communication skill, dari keempat keterampilan tersebut perlu dimiliki oleh mahasiswa agar dapat menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapinya.

STAIN Mandailing Natal sangat mendukung dan mendorong sepenuhnya kegiatan tersebut, secara tidak langsung dapat meningkatkan mutu lulusan Perguruan Tinggi, kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 30-31 Mei Tahun 2024, dimulai dengan pembukaan pada pukul 8.00 WIB dan berakhir dengan pukul 17.00 WIB. Semua peserta yang merupakan mahasiswa/i STAIN Mandailing Natal yang berjumlah sebanyak 610 peserta KIP dan Umum.

turut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Kasman, M.A., sebagai Wakil Ketua bidang Administrasi dan Keuangan dan Dr. Irma Suryani Siregar, M.Pd., sebagai Wakil Ketua bidang Kemahasiswaan.

Dalam sambutannya Dr.Irma Suryani Siregar M.A menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan lomba PKM ini adalah sebagai  tempat mahasiswa menyalurkan bakat dan kreativitasnya dan juga sebagai ajang pencarian mahasiswa berbakat untuk nantinya di amanahkan mengikuti PKM Nasional Perguruan Tinggi Se Indonesia nantinya.

Dalam pembukaannya Dr.Kasman, M.A menyampaikan pesan kepada mahasiswa untuk lebih aktif dan unggul dalam prestasi. Beliau juga menuturkan agar kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa STAIN Mandailing Natal.

Berikut daftar perlombaan PKM STAIN Mandailing Natal:

1. Musabaqoh Tilawatil Qur’an

2. Musabaqoh Hifzil Qur’an

 *Musabaqoh Hifzil Qur’an1 juz

 *Musabaqoh Hifzil Qur’an 5 Juz

 *Musabaqoh Hifzil Qur’an 10 Juz

 *Musabaqoh Hifzil Qur’an 20 Juz

 *Musabaqoh Hifzil Qur’an 30 Juz

3. Musabaqah Kiratul kutub

4. Dai/daiyah

5. Puisi

6. Pop solo Islami.

7. Cipta lagu Islami

8. Kaligrafi

9. Menggambar Karikatur

10. Desain Grafis

11. Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an

12. Karya Tulis Ilmiah ilmu sosial

13. Karya Tulis Ilmiah sains dan teknologi

14. Inovasi Media Pembelajaran

15. Business Plan

16. Puitisasi Al-Qur’an

17. Story Telling

18. Stand up comedy

19. Tenis Meja

20. Catur

Setelah babak penyisihan selesai, Tim Juri Melakukan penilaian masing-masing untuk kategori yang di lombakan kepada peserta seluruhnya, dan hasil nilai pemenangnya akan di umumkan di hari kedua berlangsung nya acarara tersebut.

Ayo Semangat ! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

 

Share To :