Berita / Kampus

Ketua STAIN Mandailing Natal Hadiri Kuliah Umum Moderasi Beragama oleh Grand Syekh Universitas Al-Azhar Kairo

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 11 Juli 2024


Jakarta – Selasa, 9 Juli 2024 - Ketua STAIN Mandailing Natal, Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., menghadiri kuliah umum moderasi beragama yang diisi oleh Grand Syekh Universitas Al-Azhar Kairo, Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ahmed Al-Tayeb, serta Prof. M. Quraish Shihab, pendiri dan anggota Muslim Council of Elders. Acara berlangsung di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada hari Selasa, (9/7/2024).

Kuliah umum dengan tema "Meneguhkan Moderasi Beragama untuk Membangun Toleransi dan Harmoni" ini dihadiri oleh para tokoh agama, budayawan, akademisi, dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam ceramahnya, Grand Syekh Al-Azhar mengulas bahwa pada fitrahnya manusia diciptakan beragam oleh Allah SWT. Mulai dari etnis hingga keyakinan.

"Hukumnya manusia akan terus beragam sampai kiamat, hukum kedua selama Allah menjadikan beragam, maka mereka juga akan beragam dari segi keyakinan dan agama," paparnya

Sementara itu, menurut Ketua STAIN Mandailing Natal Prof. Sumper Mulia yang merupakan alumni al-Azhar Tahun 1996, kegiatan ini sangat berdampak secara nasional dan internasional. Seorang tokoh kharismatik di Mesir dan bahkan dunia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia dalam mengelola kemajemukan dan pluralitas dengan jumlah populasi terbesar ketiga di dunia.

Kuliah umum ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang moderasi beragama dan mendorong terciptanya kehidupan yang harmonis khususnya di Indonesia.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :