Berita / Akademik

MoA diteken, BSA UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dan BSA STAIN Madina Siap Berkolaborasi dalam Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 17 Oktober 2024


Cirebon – Kamis, 17 Oktober 2024. Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Madina dan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri (UIN) Siber Syekh Nurjati Cirebon secara resmi menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) untuk memperkuat kolaborasi akademik di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan berlangsung di Fakultas Ushuluddin dan Adab Kampus UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, dengan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan serta Dosen Rabu, 16/10/2024.

Kesepakatan ini dibuat untuk memajukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan fokus pada peningkatan kualitas akademik melalui pertukaran dosen dan mahasiswa, penyelenggaraan seminar ilmiah, serta penelitian kolaboratif. Kedua Prodi ini juga akan mengembangkan kurikulum yang lebih relevan dengan perkembangan dunia akademik dan industri.

Dekan FUA UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Anwar Sanusi, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan, “Kerjasama ini menjadi tonggak penting bagi pengembangan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di kedua institusi. Kami optimis, kolaborasi ini akan membuka banyak peluang baru bagi dosen dan mahasiswa untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman, serta menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya.”

Ketua STAIN Madina, Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., juga mengungkapkan harapannya terhadap kerjasama ini. “Melalui MoA ini, kita dapat bersama-sama menciptakan inovasi akademik yang lebih kuat, baik dalam pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat. Kerjasama ini akan memperkuat kapasitas akademik di STAIN Madina, khususnya di bidang Bahasa dan Sastra Arab,” jelasnya.

Ketua Program Studi BSA STAIN Madina, Rahmat Linur, M.Pd., menyatakan bahwa MoA ini membuka peluang besar bagi mahasiswa dan dosen untuk berkembang. "Kami sangat antusias dengan kerjasama ini, karena ini akan memberikan manfaat langsung bagi mahasiswa dalam memperluas wawasan mereka dan meningkatkan kemampuan akademik mereka," katanya.

Sementara itu, Ketua Program Studi BSA UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Maman Dzul Iman, S.Ag., M.A., menambahkan, “Kerjasama ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi pengembangan akademik, tetapi juga memperluas jejaring antar perguruan tinggi. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pengajaran serta penelitian di bidang Bahasa dan Sastra Arab.”

Ayo Semangat ! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :