Berita / Kampus

Prodi PAI STAIN Madina Dorong Mahasiswa Selesaikan Studi Tepat Waktu

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 07 Juli 2022


Panyabungan – (07/07). Acara Seminar Nasional Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Madina sukses digelar. Tema yang diangkat adalah “Jurus Jitu Percepatan Penyelesaian Studi”. Acara diselenggarakan di Aula Gedung Baru STAIN Madina, Rabu (06/07).

M. Irsan Barus, M.A, Ketua Prodi PAI mengatakan acara ini digelar berkat kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pogram Studi (HMPS) PAI. Tujuannya agar mahasiswa dapat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Dimana banyak problem mahasiswa saat ini adalah kurangnya daya pacu dalam menyelesaikan perkuliahannya. Beberapa faktor mungkin menjadi permasalahan yang dihadapi oleh mereka, baik masalah internal maupun eksternal kampus. “kita selalu mendorong mahasiwa untuk meningkatkan performa mereka dalam penyelesaian studinya.” Ujar Barus.


 

Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, Ketua STAIN Madina secara langsung membuka acara sekaligus memotivasi mahasiswa. Dimana beliau berbagi pengalaman seputar perkulihannya yang diselesaikan tepat waktu. “ini persoalan masa depan, apabila kita menunda-nunda, mungkin kesempatan atau peluang kerja kita akan berkurang.” Ucap Dr. Sumper Mulia.

Lebih lanjut, beliau sangat senang dengan adanya seminar ini. Yang mana nantinya akan berdampak besar pada kemajuan Kampus STAIN Madina. Peran besar alumni menjadi tumpuan yang perlu diperhatikan. “kita punya cita-cita besar untuk kampus ini. Maka dari itu, kita berharap kepada anak-anakku sekalian agar terus mengasah potensi akademik dan prestasi masing-masing.” Sambung beliau.

Seminar kali ini mengundang dua orang pemateri dalam bidang pendidikan. Beliau adalah Dr. Fadriati, M.Ag, Dosen UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan Dr. Syadidul Kahar, M.Pd, dosen STIT Babussalam Aceh Tenggara.

Dipandu oleh Rohman, M.Pd, Dosen prodi PAI yang bertindak sebagai moderator, seminar dimulai dengan penyampaian CV masing-masing pemateri.

Dr. Fadriati menyampaikan bagaimana langkah percepatan studi mahasiswa. Beliau mengatakan bahwa salah satu kelebihan mahasiswa dalam ranah pendidikan adalah bagaimana mereka memecahkan masalah itu sendiri. “jangan down karena permasalahan yang dihadapi, kita ini adalah praktisi pemecah masalah. Asah skill untuk bisa menjadi pribadi yang multitalenta.” Ujarnya.

Dr. Syadidul Kahar menambahkan bahwa penyelesaian adalah prioritas dan perlu dibarengi dengan kualitas. “Daya pacu dan daya saing mesti menjadi skala prioritas tertinggi mahasiswa.” Ucap beliau.


 

Materi disampaikan penuh semangat. Para peserta seminar sangat antusias mendengarkan. Pemateri juga berbagi pengalaman dan tips seputar percepatan studi bagi mahasiswa.

Sebagai informasi, seminar ini dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi PAI. Acara dilaksanakan mulai dari pukul 08.00 sampai 12.00 wib dan dimeriahkan dengan Pop Solo Islami dari Anggota HMPS PAI STAIN Madina.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :