Berita / Akademik

Rapat Pimpinan dan Seminar STAIN MADINA 2023, Efektifkan Pengelolaan Anggaran Tepat Sasaran

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 17 November 2023


Panyabungan - Jum'at, 17 November 2023. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal (Madina) adakan Rapat Pimpinan Penyampaian Alokasi Pagu Anggaran Tahun 2024 dan Seminar Pengelolaan dan Penyusunan Anggaran yang Efektif serta Tepat Sasaran, pada Kamis hingga Senin mendatang, tanggal 16 - 20 November 2023.

Acara bertempatan di Asrama Haji Medan, yang dihadiri langsung oleh Ketua STAIN Madina Prof. Dr. H.Sumper Mulia Harahap M. Ag. yang di dampingi oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Madina Ny Jws Sri Rizki Mulia.

Hadir juga wakil ketua I H. Dedisyah Putra, M.A, Ph. D., wakil Ketua II Dr. H. Kasman, M.A., wakil ketua III Dr. Irma Suryani.M.A, para peserta Ma'had Al- Jami'ah, Satuan Pengawas Internal (SPI) seluruh Kepala Unit Pengelola Teknis (Ka.UPT), Ketua Program Studi (Ka.Prodi) dan Sekretaris Prodi (Sekprod) STAIN Madina serta Civitas akademika.

Dalam sambutannya Dr. Kasman. M.A sebagai Ketua panitia mengevaluasi bahwa tahun 2023 ini mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2023 jumlah peserta lebih banyak dibandingkan pada tahun 2022 lalu.

"Pada tahun lalu hanya Ketua Program Studi saja yang bisa hadir, namun untuk tahun ini kita menghadirkan seluruh Ka .Prodi dan Sekretaris Prodi STAIN Madina. Alhamdulillah kita juga bisa mengadakannya di Ibu Kota Provinsi, Medan," sampainya.

Kemudian ditambahkan juga orang nomor 2 di STAIN MADINA itu bahwa, dalam kegiatan ini juga akan terjalin rasa kebersaudaraan yang akan menambahkan solidaritas antar civitas akademik STAIN MADINA.

"Disamping kita menjalani kegiatan ini, juga akan terjalin kebersamaannya, terjalin persaudaraannya, kalau sudah terjalin persamaan dan persaudaraan tak ada yang sulit dalam proses kehidupan," ucap Dr. H Kasman 

Harapannya, semoga kegiatan yang dilaksanakan ini bisa berjalan dengan lancar sampai akhir, dan semoga di tahun selanjutnya kegiatan ini bisa diadakan di Pulau Jawa," pungkas Dr. Kasman.

Sementara itu, Ketua STAIN Madina Prof. Sumper membuka secara resmi kegiatan tersebut, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa, kegiatan ini akan tentunya akan membawa dampak serius.

"Yang akan membekali fikiran kita menjadi konprehensif dan lebih integratif terhadap pengelolaan dan penyusunan pagu anggaran yang efektif dan tepat sasaran di Lembaga yang kita cintai ini, STAIN MADINA," sampainya.

Selain itu, orang nomor 1 di STAIN MADINA ini juga mengatkan bahwa, backround rata-rata di Kampus seluruhnya adalah dosen atau tenaga pendidik, dimana tugas pokok dan fungsinya bisa dikatan sangat banyak.

"Mulai dari mengajar, karya tulis ilmiah, membimbing mahasiswa, pengabdian masyarakat hingga memangku jabatan yang di amanahkan oleh kementerian kepada kita. Akan tetapi ikut juga berperan dalam pengelolaan dan penyusunan anggaran, bagaimana caranya kita memahmi ini secara konprehensif dan akuntabel sehingga anggaran kita ini dapat diberjalan dengan baik dan tepat sasaran," kata Prof. Sumper dihadapan para pejabat STAIN Madina.

Tidak hanya itu, Prof. Sumper juga mengingatkan bahwa, untuk seluruh pejabat dan struktural STAIN MADINA agar dapat sama-sama mengawasi dan bahu membahu dalam penyusunan dan pengelolaan anggaran di tahun 2023 ini.

"Supaya kita tahu apa saja yang menjadi kebutuhan dan kelemahan kita dan dapat melaksanakan anggaran dengan baik, benar, serta tepat sasaran di unit masing-masing," tutupnya.

Untuk diketahui, setelah acara pembukaan oleh Prof. Sumper dilanjutkan dengan kegiatan Seminar yang mengahadirkan narasumber dari Kanwil Keuangan Provinsi Sumatera Utara yakni, Semfebri Manihot Simbolon, Erika Ulya Yanti Manurung, Mega Suherman.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :