Berita / Akademik

Sampaikan Orasi Ilmiah Dunia Pendidikan Ibarat Naik Perahu; Dr. H. Kasman, MA Hipnotis Para Wisudawan

Humas - 22 November 2020


Panyabungan - Ahad, 22 November 2020. Pada rangkaian acara wisuda ke 2 STAIN Madina (21/10/2020), Wakil Ketua I, Dr. H. Kasman, MA., menyampaikan orasi ilmiah dihadapan para wisudawan/wisudawati.

Dr. H. Kasman, MA, membuka orasinya dengan memperlihatkan replika perahu kertas. Beliau mengajak audiens berfikir logis namun tetap santai.

“dunia pendidikan ini ibarat orang naik perahu menuju suatu pulau idaman. Dalam perjalanan pasti banyak ombak membentang, ada karang menghadang,  namun tetap ada angin sepoi-sepoi. Jadi, dalam dunia pendidikan juga demikian, sebagian baru sampai tahun kedua sudah menyerah, ada yang tahun ketiga, dia gagal. Namun paling ironis mendekati finish perahunya oleng dan dia tenggelam” papar beliau

Beliau juga menambahkan bahwa untuk mencapai suatu target tidak bisa dengan santai. Namun, membutuhkan ilmu dan kerja keras.

“ingat, hasil yang maksimal hanya bisa dicapai dengan ilmu dan kerja keras. Diri kita kalau selalu dipacu untuk kerja keras, maka akan membentuk karakter dan pribadi pejuang. Jiwanya menjadi optimis dan tidak terkalahkan” lanjut beliau berapi-api

Para wisudawan seperti terhipnotis atas penyampaian orasi ilmiah tersebut. Secara kompak applause selalu menggema setiap poin-poin yang disampaikan.

Ketika menutup orasinya, beliau berpesan bahwa para wisudawan harus mengembangkan kemampuan diri masing-masing dan menjaga nama baik almamater STAIN Madina.

Untuk informasi, kegiatan acara wisuda yang digelar merupakan wisuda ke 2 kampus STAIN Madina. Jumlah wisudawan yang terdaftar sebanyak 213 orang. Namun, ada 1 orang yang berhalangan hadir, sehingga jumlahnya 212 orang. Mereka berasal dari dua Program Studi, Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES). Dan saat ini di STAIN Madina sudah ada 16 Program Studi.

Kemudian, wisudawan terbaik dari Prodi Pendidikan Agama Islam ada tiga orang. Yaitu, Indah Royita Lubis (IPK 3.96), Najid Humaidi (IPK 3.92) dan Sakinah Mawaddah (IPK 3.86).

Sedangkan wisudawan terbaik dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah ada tiga orang. Yaitu, Sumiarti (IPK 3.85), Muhammad Saleh Nasution (IPK 3.85) dan Ilham Rizki (IPK 3.81)

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)          

Share To :