Berita / Akademik

Terus Meningkat! Ketua STAIN Mandailing Natal Lantik 253 Wisudawan Pada Gelaran Wisuda Sarjana Ke-4 Periode 2022/2023

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 10 Desember 2022


Panyabungan - Sabtu, 10 Desember 2022. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal Sukses adakan gelar wisuda Ke IV. Bertempat di Aula STAIN MADINA sebanyak 253 wisudawan resmi dilepas pada priode Tahun Ajaaran 2022/2023.

Ketua STAIN MADINA Dr. H. Sumper Mulia Harahap M,Ag.  dalam laporannya menyampaikan bahwa pada wisuda saat ini, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri mewisudai 253 sarjana dari prodi HES sebanyak 140 wisudawan, sarjana dari PAI sebanyak 113 wisudawan.
Acara wisuda  ke IV di hadiri oleh , Ketua STAIN Dr. H. Sumper Mulia Harahap  ,Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Dedisyah Putra, M.A., Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Keuangan Dr. H. Kasman, M.A., Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Irma Suryani Siregar, M.A., Seluruh Anggota Senat, Seluruh dosen dan pegawai. 

Sejumlah pimpinan daerah dalam wisuda kali ini, diantaranya dihadiri oleh Seretaris Daerah sebagi perwakilan Bupati Mandailing Natal, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Mandailing Natal, Perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal, Pimpinan Bank BNI dan BSI Panyabungan. Acara ini juga dihadiri oleh Tokoh Masyarakat, orang tua/wali wisudawan dan sejumlah insan perserta.

Dalam sambutannya, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Dr. H. Sumper Mulia Harahap M, Ag, menyampaikan bahwa wisudawan kita akan menghadapi era digital yang lebih kompleks dari sebelumnya. 

‘’Kedepannya akan ada banyak lagi tantangan dan lebih berat lagi dalam masa masa mendatang.". Ujarnya.

Oleh karena itu, wisudawan harus jeli dan mampu memproyeksikan arah masa depan mereka. Dengan harapan, bekal yang mereka dapatkan di STAIN Mandailing Natal bisa membantu mereka dalam mengarungi dunia kerja di masa mendatang.
Disamping itu, Beliau berpesan kepala seluruh wisudawan STAIN Madina ke-4 ini, agar betul-betul mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. tidak cukup hanya dengan bekal itu saja, namun harus memperhatikan berbagai hal diantaranya, proses adaptasi, sinergitas dan kolaborasi, serta interaksi dan melek teknologi. 

"Ada tiga pokok yang harus kita coba dan emban dalam menjalani kehidupan  kedepannya. Yang pertama bagaimana proses adaptasi dalam lingkungan yang baru. Yang kedua bagaimana bersinergi dan berkolaborasi (bekerjasama) dengan orang lain. Dan yang ketiga kita harus bisa berinteraksi dan melek teknologi’’. ucap Dr. Sumper Dalam pidatonya.

Pesan ini beliau sampaikan agar wisudawan menjadi lulusan yang tidak hanya sekedar paham soal teoritis di kampus, namun juga memiliki skill dalam beradaptasi ditengah masyarakat, mampu berkolaborasi dan berinteraksi sosial serta melek terknologi terbaru. Pesan ini beliau sampaikan sebagai bentuk upaya STAIN Mandailing Natal dalam mencetak lulusan terbaik, unggul, moderat dan inovatif serta turut membangun Indonesia yang tumbuh dan tangguh.

Pada wisuda ke-4 STAIN Mandailing Natal periode 2022/2023 ini diperoleh 6 wisudawan terbaik yaitu tiga dari prodi PAI dan tiga dari Prodi. Dari Prodi PAI adalah Sri Sulastri wisudawan terbaik satu dengan IPK 3.65, Sahria Ramdani Wisudwan terbaik dua dengan IPK 3.62 dan Rizki Inayah Putri wisudawan terbaik 3 dengan IPK 3.61. Dari Prodi HES adalah Riana Maryah Siregar wisudawan terbaik satu dengan IPK 3.65, Ermaya Sari Hasibuan wisudawan terbaik dua dengan IPK 3.60 dan Nadia Fitriani Nasution wisudawan terbaik tiga dengan IPK 3.59.

Sebagai informasi, para wisudawan terbaik memperoleh tabungan pendidikan dari Bank BNI dan BSI. Hadiah ini diberikan dan diserahkan langsung oleh Pimpinan Bank BNI dan BSI Panyabungan. Diharapkan hadiah tersebut dapat menjadi modal bagi para lulusan terbaik untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :