Berita / Kemahasiswaan

UKK PRAMUKA STAIN MADINA GELAR PEKAN LOMBA PRAMUKA (PELOPA) TINGKAT PENEGAK SE-KABUPATEN MANDAILING NATAL

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 23 Februari 2024


Panyabungan - Rabu, 22 Februari 2024. Pekan Lomba Pramuka (PELOPA)Tingkat Penegak Se-Kabupaten Mandailing Natal (Membangkitkan Tunas Maju Yang Tangguh Mandiri dan Kreatif). Acara yang pertama kali digelar ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Irma Suryani Siregar, M.A di lapangan STAIN Madina, Rabu (22/2/2024).

Turut jadir juga Ketua Gugus Depan Putra Kak Parulian Siregar.M.Pd dalam sambutannya menyampaikan Ada beberapa alasan mengapa tunas kelapa dipilih sebagai lambang Gerakan Pramuka.

  

Pertama, tunas kelapa melambangkan setiap anggota Pramuka merupakan tunas bangsa Indonesia.

Sebagai tunas bangsa, kita harus bisa mengharumkan nama Indonesia.

Kemudian, tunas kelapa dapat bertahan lama dalam kondisi apa pun.

Hal ini melambangkan bahwa setiap anggota Pramuka harus bisa bertahan dalam menghadapi segala tantangan untuk mengabdi kepada bangsa Indonesia.

unas kelapa yang bisa tumbuh di mana saja melambangkan setiap anggota Pramuka bisa menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar.

Perlu diketahui, pohon kelapa juga tumbuh tinggi menjulang dan menjadi salah satu pohon tertinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa setiap anggota Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan bisa tetap tegak berdiri.

Lalu, akar pohon kelapa biasanya tumbuh kuat di tanah yang melambangkan bahwa setiap anggota Pramuka berpegang pada keyakinan yang kuat untuk mencapai cita-citanya.

Selain itu, pohon kelapa adalah pohon yang memiliki banyak manfaat.

Hal tersebut melambangkan setiap anggota Pramuka merupakan manusia yang berguna bagi negara Indonesia.

kegiatan tersebut diikuti sekitar 120 anggota Pramuka dari Sembilan Sekolah tingkat SLTA se-kabupaten Mandailing Natal.

Dr. Irma yang sekaligus merupakan majelis pembimbing harian Gugus  Depan Pramuka STAIN Madina dalam sambutannya  menyampaikan acara ini juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan keterampilan dan kemahiran dari para anggota pramuka. Beliau mengharapkan agenda ini dapat menjadi sarana untuk lebih menumbuh kembangkan solidaritas diantara pramuka. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat dan motivasi dikalangan pramuka sehingga mempunyai jiwa keteladanan serta disiplin dalam belajar. Dengan kita serius mengikuti kegiatan pramuka akan dapat menata dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik," ujarnya.

"Hal lainnya adalah untuk menanamkan jiwa sportifitas sejak usia sekolah, sehingga nantinya dapat tumbuh menjadi generasi muda yang tangguh dan mempunyai kepribadian yang tinggi," tambah beliau.

Sebagai informasi, Berikut Nama-nama Lomba : 1. Pionering, 2. Lomba Kreasi Baris Berbaris, 3. Cerdas Cermat Pramuka, 4. Paduan Suara dan 5. Film Pendek

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :