Berita / Kampus

Bangun Sinergi, DWP STAIN Madina Sambut Tamu Dari Pemprov Sumut dan Pemda Madina Terkait Studi Gender Dan Anak

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 15 Juli 2022


Panyabungan - 15 Juli 2022. Dharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Madina kedatangan tamu spesial dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemda Kabupaten Mandailing Natal. Para tamu terdiri dari Ibu Hj. Marhamah. M.Si, Mentor Gender Mainstreaming And Children Pemprov Sumatera Utara, Ibu Ir. Donna Dameria, MM, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemda Kab. Mandailing Natal, Ibu Nenny Aries Sinaga, S.KM Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Peningkatan Kualitas Keluarga,  beserta anggota dari analis kebijakan Ibu Zuraida Lubis, SP dan Ibu Tiurlan Siregar. Ikut mendampingi para tamu undangan, Staf Ahli Bidang Hukum dan Hubungan Kelembagaan Kabupaten Mandailing Natal, Bapak Dr. M. Daud Batubara, M.Si.  Silaturrahmi ini berlangsung pada,  Kamis (14/07).

Kedatangan para tamu disambut hangat oleh Ketua DWP STAIN Madina, Ny. JWS Rizki Sumper Mulia. Beliau juga didampingi oleh Sekretaris dan Koordinator Bidang Sosial Budaya DWP STAIN Madina, Ny. Nuraini Lubis dan Ny. Kholidah Nur.

Pada sesi wawancara, Ny. JWS Rizki Sumper Mulia mengatakan bahwa kunjungan ini dalam rangka silaturrahmi sekaligus bincang-bincang seputar Studi Gender dan Anak.  Menurut beliau pertemuan ini merupakan kesempatan bagus agar nantinya dapat dikembangkan dalam bentuk kerjasama.

"Pemprov Sumut dan Pemda Mandailing Natal mendorong kita untuk membentuk lembaga internal Pusat Studi Gender dan Anak sebagaimana yang terdapat pada perguruan tinggi yang lain. Sekalipun Dharma Wanita Persatuan sendiri tidak memiliki kewenangan untuk membentuk lembaga di kampus, namun tugas kita adalah membantu menjembatani hal tersebut lewat komunikasi dengan Ketua dan unsur Pimpinan STAIN Madina lainnya." Ujarnya.

Menurut Ny. JWS Rizki, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) nantinya yang akan menjadi penampung kajian gender ini karena esensinya termasuk kategori penelitian dan pengabdian masyarakat. Tahap selanjutnya kajian ini dapat dibahas melalui prodi yang memang sangat relevan untuk mengkaji problematika gender dan anak, seperti Prodi Pengembangan Masyarakat Islam dan Manajemen Dakwah dengan menyisipkan mata kuliah terkait respon isu-isu terkini.

Di akhir wawancara, beliau mengatakan bahkan ada kemungkinan hadirnya Program Studi khusus seputar kajian Gender dan Anak di kampus STAIN Madina.

"Ada banyak hal yang sudah kita bincangkan tadi dan mudah-mudahan itu satu langkah pertama sebagai startingpoint kita untuk memang betul-betul menindaklanjuti silaturahmi ini" tutup Ny. JWS Rizki.

Foto bersama menutup momen silaturrahmi ini. Semoga Allah SWT. senantiasa meredhoi setiap langkah dan niat baik yang telah direncanakan. Ammiin ya Rabbal 'alamiin.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :