Berita / Kampus

Cegah Penyebaran Covid 19, Prodi MD dan TBI STAIN Madina Bimbing Guru Membuat Handmade disinfectant.

Humas - 22 April 2020


Rabu, 22 April 2020.  Dosen Prodi Manajemen Dakwah (MD) dan Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) STAIN Mandailing Natal tidak tinggal diam melihat mewabahnya covid 19. Disela-sela kesibukan melakukan kuliah daring, para dosen tersebut berupaya terjun langsung ke lapangan, ikut berperan memutus rantai penyebaran covid 19. Tim dosen dari STAIN Madina ini mengajak guru-guru untuk membuat handmade disinfectant dari bahan pakai harian.

Hal kecil penuh makna, begitulah kira-kira kegiatan yang dilakukan oleh dosen prodi MD dan TBI ini. Kegiatan ini mengambil tema,“ Bersama STAIN Madina Jaga Diri, Jaga Lingkungan, Cegah Penyebaran Covid 19 melalui Handmade Disinfectant”.

Sejak tanggal 24 Maret hingga tanggal 3 April lalu, tim dosen ini mengunjungi  beberapa sekolah TK dan SD yang ada di kabupaten Madina. Sekolah yang dikunjungi adalah SD Satu Atap 089 Panyabungan, TK Satu Atap 089 Panyabungan, TK Satu Atap 122 Sayur Maincat, TK Model Panyabungan, dan TK Satu Atap 048 Malintang.

 Kegiatan yang dipromotori oleh ketua Prodi MD, Marlina, M.A, dan Ketua Prodi TBI, Amrizal, MAEd, ini bertujuan memberi bimbingan kepada guru-guru untuk nanti disampaikan kepada keluarga dan anak didiknya. Amrizal, Ketua prodi TBI menyampaikan, “ Kita tim dosen perlu mengajak guru-guru untuk membuat handmade disinfectant. Apalagi bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah kita dapatkan, yaitu serbet, sabun,  air, dan botol.” Tuturnya.

Tim dosen tersebut membawa peralatan yang akan digunakan beserta bahan pembuat handmade disinfectant, seperti, pemutih baju (Bayclin), super sol, dan So Klin lantai. Secara bergantian dosen-dosen muda STAIN Madina itu menjelaskan cara pembuatan handmade disinfectant ini.

Marlina, MA. Ketua prodi MD menjelaskan,” Pembuatan handmade disinfectant ini sangat mudah dan sederhana. Cara membuatnya dengan mencampurkan 2 sdm bayclin, 2 sdm super sol, dan 3 sdm so klin lantai ke dalam 1 liter air. Nah,handmade disinfectant kita sudah jadi, tinggal kita masukkan ke dalam botol”. Jelasnya. Disamping menjelaskan cara pembuatan handmade disinfectant, tim dosen juga secara bergantian menjelaskan bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

 Kedatangan tim dosen STAIN madina ini mendapat sambutan hangat dari guru-guru dan kepala sekolah. Kepala Sekolah SD Satu Atap 089 Panyabungan, Muhammad Akhir, S.Pd memberikan apresiasi, “ Kami berterima kasih atas kedatangan Bapak Ibu dosen STAIN Madina ke sekolah kami.Kegiatan ini sangat bermanfaat karena ini suatu bentuk transfer ilmu yang dapat kami praktekkan dalam keseharian. Ke depan kami tetap mengharapkan adanya kegiatan sharing ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan kami”. Tutupnya. (Tim Humas)

 

Share To :