Berita / Kampus

Dede Hafirman Said, M.Ag, Sekretaris SPI STAIN Madina Hadiri Workshop Analisa Data Fauna Flora TNBG

Humas - 04 Desember 2020


Panyabungan – Jum’at, 4 Desember 2020. Dede Hafirman Said, M.Ag., Sekretaris Satuan Pengawas Internal (SPI) STAIN Madina menghadiri kegiatan workshop analisa data fauna dan flora yang digelar oleh Taman Nasional Batang Gadis (TNBG). Kegiatan ini bertempat di Hotel Rindang, Panyabungan (3/12/2020).

Dede Hafirman Said, M.Ag mengatakan bahwa kegiatan ini dikemas seperti workshop sekaligus pemaparan hasil penelitian dari Tim TNBG. Beliau juga menambahkan bahwa Mapasma STAIN Madina perlu aktif untuk belajar banyak hal tentang TNBG.

“bentuk kegiatannya dibuat dalam bentuk workshop. Kemudian ada pemaparan hasil penelitian dari Tim TNBG. Mudah-mudahan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapasma) STAIN Madina dapat mengikuti dan membantu merealisasikan program dari TNBG” ujar Dede yang sekaligus sebagai Pembina Mapasma

Acara dibuka langsung oleh Kepala Balai TNBG, Ir. Sahdin Zunaidi, M.Si., beliau mengajak semua masyarakat agar bekerjasama untuk menjaga dan melestarikan TNBG.

Salah satu narasumber, Rio Laurio dari Forum Harimau Kita menjelaskan bahwa menjaga kawasan konservasi menjadi tanggungjawab semua unsur masyarakat dan tidak akan mampu kalau diserahkan hanya kepada para petugas.

Salah satu rangkaian acara ini adalah pemaparan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Tim Pengendali Ekosistem Hutan TNBG tentang keanekaragaman hayati flora dan fauna di sekitaran Taman Nasional Batang Gadis. Banyak fakta dilapangan yang terungkap terkait perkembangan TNBG.

Dengan keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui dinas terkait (TNBG), akan diterbitkan prosiding terkait hasil penelitian yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan agar semua unsur masyarakat Madina dapat bekerjasama dalam menjaga dan melindungi kawasan konservasi.

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., menyambut baik kerjasama yang telah terjalin antara STAIN Madina dan TNBG. Beliau berharap bahwa Mapasma STAIN Madina dapat berkontribusi untuk menjaga kawasan konservasi TNBG.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :