Berita / Kemahasiswaan

Dua Mahasiswa STAIN Mandailing Natal Mengikuti Pembukaan Pembekalan KKN Moderasi Beragama IV di Kuningan Jawa Barat

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 18 Juli 2024


Panyabungan. Kamis, 18 Juli 2024. Dua Mahasiswa delegasi STAIN Mandailing Natal Alwi Ibrahim Lubis dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Yahya Israr Nasution dari Prodi Manajemen Dakwah di dampingi oleh Kapus P3M Suryadi Nasution, M.Pd.

Mengikuti kegiatan pembukaan pembekalan KKN Moderasi Beragama di Islamic Center (IC) Kabupaten Kuningan 17/07/2024. Pembekalan ini akan berlangsung selama 2 hari dengan rangkaian tujuh materi tentang penguatan moderasi beragama dan teknis di lapangan selama KKN berlangsung.

Pembukaan Pembekalan KKN ini di hadiri dan di buka langsung oleh Sekertaris Jendral (Sekjen) Kementrian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T. Menariknya KKN Moderasi beragama kali ini mengangkat tema “Harmoni Bersama Umat Beragama”. Selain itu pembekalan ini juga turut di hadiri oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag. serta ketua LP2M UIN Sunan Gunung Djati Dr. H. Ramdani Wahyu Sururi, M.Ag. dan jajaran pengurus lainya.

Dalam sambutannya Sekertaris Jendral Kementrian Agama RI Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan bahwa “sejarah beragama di Indonesia bisa mengintegrasikan semua bangsa dan berpotensi menyebabkan disintegrasi bangsa, sehingga upaya penguatan moderasi beragama sangat penting dan selalu relevan untuk dilakukan”.

Selain itu juga beliau menyampaikan agar seluruh Mahasiswa PTKIN Se-Indonesia untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan tempat KKN serta memperkuat empat pilar dalam moderasi beragama, yaitu:

1. Komitmen kebangsaan

2. Toleransi

3. Anti Kekerasan

4. Akomodatif terhadap budaya

“Empat point ini menjadi bekal bagi mahasiswa dalam merawat serta menumbuhkan prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kehidupan”. pungkas Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani.

Selain itu pembukaan pembekalan kegiatan KKN moderasi beragama ini turut dihadiri juga oleh perwakilan Tokoh Agama seperti, Tokoh Umat Katolik, Hindu, Budha, Muslim dan Penghayat kepercayaan Sunda Wiwitan di Kabupaten Kuningan.

Kegiatan pembekalan ini diharapkan bisa memperkuat serta menambah pemahaman bagi seluruh mahasiswa peserta KKN Moderasi Beragama dalam melaksanakan pengabdian ke masyarakat Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Ayo Semangat ! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :