Berita / Kampus

IMLA Komisariat STAIN Madina Gandeng Prodi PBA dan BSA Peringati Hari Bahasa Arab Se-Dunia di Pondok Pesantren Darut Tarbiyah

Humas - 19 Desember 2020


Panyabungan – Sabtu, 19 Desember 2020. Ittihad Mudarrisil Lughah Arabiyah (IMLA) Komisariat STAIN Mandailing Natal  bersama Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Prodi Bahasa dan Sastra Arab, memeriahkan peringatan hari bahasa Arab se-dunia yang jatuh pada tanggal 18 Desember. Kegiatan ini berlangsung di Pondok Pesantren Darut Tarbiyah, Jambur Baru, Panyabungan Utara (18/12/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen PBA dan BSA yang merupakan pengurus IMLA Komisariat STAIN Madina, sejumlah mahasiswa PBA dan BSA sebagai perwakilan HMPS Prodi, serta seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Darut Tarbiyah.

“Bahasa Arab itu Asyik”  merupakan tema yang diangkat pada perayaan kali ini, tujuannya agar santriwati semakin termotivasi untuk mencintai bahasa arab sedari dini.

Acara dipandu oleh duo MC berbahasa arab, Ainul Mardiyah Hasibuan dari prodi BSA dan Riska Hayati dari prodi PBA. Acara dimeriahkan dengan pembacaan puisi bahasa arab dan penampilan lainnya dari santriwati Pesantren.

Mudir Pesantren Darut Tarbiyah, Muhammad Alawi Mubarak, MA., menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada pengurus IMLA komisariat STAIN Madina telah melibatkan keluarga besar Ponpes Darut Tarbiyah untuk memperingati hari Bahasa Arab se-Dunia.

“Kami sangat berterimakasih karena sudah dilibatkan dalam kegiatan perayaan ini, kami juga berharap dapat bekerjasama dengan IMLA dan STAIN Madina untuk memajukan bahasa Arab di Darut Tarbiyah. Semoga kegiatan-kegiatan IMLA, Prodi PBA dan BSA STAIN Madina terus berlanjut ke depan untuk memberikan pencerahan kepada santriwati kami” tutur beliau

Beliau juga menambahkan bahwa para asatidz selalu berupaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa arab santriwati. Mulai dari membuat pamplet “ Kawasan wajib berbahasa Arab, Inggris, dan Indonesia” agar santriwati terbiasa dengan bi’ah arobiyah.

Ketua IMLA Komisariat STAIN Madina, Rahmat Linur, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini  upaya membuktikan kecintaan pada bahasa Arab.

“Kami mengajak santriwati untuk mulai mencintai bahasa arab sedari dini, karena bahasa arab adalah bahasa al-Qur’an. Tugas kita sebagai umat Islam untuk terus mempelajari dan mengembangkannya” tegas Rahmat

Di akhir sambutannya, Rahmat Linur  juga menyampaikan salam dari ketua STAIN Madina Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S.  yang berpesan bahwa santriwati Darut Tarbiyah agar memanfaatkan kesempatan untuk memperdalam bahasa arab dan melanjutkan pendidikannya ke STAIN Madina, terutama karena tersedia banyak beasiswa.

Usai pembukaan, santriwati yang berjumlah 300 orang itu dibagi menjadi 7 kelompok dan memasuki kelas masing-masing dengan dosen yang menjadi narasumber untuk menerima materi tentang “bahasa arab itu asyik”. Terlihat antusiasme yang tinggi para santriwati manakala narasumber menyampaikan materi diselingi dengan games, doorprize, dan lagu-lagu bahasa arab.

Semoga Bahasa arab makin dicintai di bumi gordang sambilan. Selamat memperingati hari bahasa arab sedunia untuk santriwati, umat islam dan pecinta bahasa arab di seluruh dunia.

Pengurus IMLA yang hadir, yaitu Rahmat Linur, M.Pd., Syaipuddin Ritonga, M.Pd., Khairul Fuadi, M.Hum., Zulpina, M.Pd.I., Bintang Rosada, M.Pd., Ahmad Nurul Huda Salmas, M.Pd., Tauhid, M.A., Aulia Rahman, M.Pd., Fadlan MS., M.Pd.I., Rita Gamasari, M.A., Irma Sani Daulay, M.Pd., Nur'ainun Ritonga, M.Pd., Rani Ismil Hakim, M.Pd., dan Ria Rafita Suspriani, M.Pd. 

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

 

Share To :