Berita / Kampus

Ka UPT Perpustakaan STAIN Madina Hadiri Rapat Kerja Nasional APPTIS

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 04 Agustus 2023


Panyabungan - Jum'at, 04 Agustus 2023. Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) berlangsung di UIN Raden Fatah Palembang mulai tanggal 2 sampai dengan 5 Agustus 2023. STAIN Madina berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut yang diwakili oleh Ka. UPT Perpustakaan Ahmad Asrin, S.Ag, MA.

Kegiatan RAKERNAS yang juga dirangkai dengan kegiatan Seminar Nasional, Workshop, CFP dan Perjanjian Kerjasama antar Perpustakaan PTKIN itu dibuka secara resmi oleh Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ruchman Basori, S.Ag, M.Ag mewakili Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Beliau menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas APPTIS sebagai mitra dan berharap APPTIS dapat memberikan masukan dan kontribusi khususnya dalam memajukan literasi dunia perguruan tinggi Islam seiring dengan perkembangan zaman.

Dr. Labibah Zain, M.LIS selaku Ketua APPTIS dalam laporannya menyampaikan bahwa APPTIS adalah sesbuah asosiasi yang keberadaannya mewadahi kerja sama dan pembinaan perpustakaan dan pustakawan Perguruan Tinggi Islam di bawah Kementerian Agama RI. Salah satu tujuan APPTIS adalah untuk pengembangan perpustakaan terutama peningkatan riset perguruan tinggi melalui penyelenggaraan berbagai agenda seperti rapat kerja, seminar, workshop dan lain-lain. Rakernas kali ini bertemakan : Transformasi Perpustakaan dan Pustakawan Perguruan Tinggi di Era Digital.

Ahmad Asrin, S.Ag, MA menambahkan bahwa dalam kegiatan yang berlangsung selama empat hari juga dilakukan penanda tanganan kerjasama antar Perpustakaan PTKIN, dan STAIN Mandailing Natal pada kesempatan menanda tangani kerja sama dengan 12 UPT Perppustakaan yakni : Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang, Perpustakaan, UIN Jambi, Perpustakaan UIN Walisongo Semarang, Perpustakaan UIN Makassar, Perpustakaan UIN Batusangkar, Perpustakaan UIN Salatiga, Perpustakaan UIN Bengkulu, Perpustakaan UIN Mataram, Perpustakaan IAIN Banjarmasin, IAIN Ambon, dan IAIN Lhoksemawe hingga sejauh ini Perpustakaan STAIN Madina telah menjalin MoA (Kerjasama) dengan 32 Perpustakaan se Indonesia, “semoga saja kersama ini dapat ditindaklanjuti dalam bentuk yang lebih kongkrit masa akan datang,” ucap beliau.

Event akbar UPT Perpustakaan PTKIN se Indonesia ini juga turut dihadiri Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, SH., MM, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Chodijah, MSc, dan juga beberapa sponshorship mitra. Peserta dalam kegiatan raker ini terdiri dari kepala UPT Perpustakaan dan para pustakawan di lingkungan PTKIN se Indonesia.

Pada kesempatan lain, Ketua STAIN Madina Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag mengapresiasi kegiatan-kegiatan ini demi mewujudkan kemajuan dunia perpustakaan sebagai jantungnya perguruan tinggi.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :