Berita / Kemahasiswaan

Kontingen PRAMUKA STAIN Madina Ikuti Pembukaan PWN PTK XV se-Indonesia di Jakabaring Spot Center Palembang

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 11 November 2021


Panyabungan – 11 November 2021. Kontingen STAIN Madina turut mengikuti acara Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XV tahun 2021 se-Indonesia. UIN Raden Fatah diamanahkan sebagai tuan rumah dan seluruh rangkaian acara berlangsung di Jakabaring Spot Center (JSC) Palembang.

Secara resmi, kegiatan PWN dibuka oleh Menteri Agama RI, K.H Yaqut Cholil Qoumas. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa nilai kepramukaan dapat ditransformasi pada prilaku mahasiswa dalam mengimbangi kemajuan teknologi.

“Nilai-nilai kepramukaan seperti kemandirian, gotong royong, perjuangan hidup, keberanian, dan kepekaan sosial harus mampu ditransformasikan ke dalam perilaku mahasiswa. Karenanya era 4.0 dengan kemajuan teknologi digital harus diimbangi dengan tata dunia baru yang disebut era Society 5.0” papar beliau

Selain itu beliau juga menekankan bahwa Perguruan Tinggi dapat membekali generasi muda dengan pamahaman agama yang inklusif, toleran dan menjadi rahmatan lil ‘alamin.

“PTK juga harus menyiapkan dan mencetak generasi muda Indonesia yang memiliki pemahaman dan kapasitas keagamaan yang rahmatan lil ‘alamin, moderasi beragama. Serta pemahaman agama yang inklusif, toleran dan damai menjadi keniscayaan di tengah-tengah pluralitas bangsa” lanjut beliau

Sebagai penutup beliau berharap bahwa Negara Indonesia dapat menjadi contoh bagi bangsa lain. Dimana Indonesia tidak mempersoalkan perbedaan agama, ras, suku dan antar golongan.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Panitia Dirjen Pendis, Prof. Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan bahwa kegiatan berlangsung selama 6 hari (9 s.d 14 November 2021) itu bertujuan untuk meningkatkan persaudaraan, toleransi beragama dan karakter anggota pramuka.

“kegiatan ini bertujuan, pertama, meningkatkan persaudaraan; kedua, meningkatkan pemahaman dan sikap keberagamaan yang inklusif, toleran dan damai di tengah-tengah kebhinekaan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia; Ketiga, Meningkatkan karakter anggota pramuka.

Lebih lanjut beliau melaporkan bahwa kegiatan PWN diikuti oleh 1.176 orang peserta dengan perincian, Peserta luring sebanyak 444 orang, Peserta daring sebanyak 558 orang, Pembina/Pendamping sebanyak 116 orang dan Pimpinan Kontingen sebanyak 58 orang.

Sebagai informasi, dalam barisan Kontingen Pramuka STAIN Madina turut hadir Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., Wakil Ketua I, Dr. H. Kasman, M.A., Pembina, Liantha Adam Nasution, M.H., Rahmi Seri Hanida, M.Pd., dan 8 orang Mahasiswa.

Ketika menyambangi posko kontingen STAIN Madina, Dr. Torkis Lubis berpesan kepada seluruh peserta agar dapat menjaga kesehatan, menjaga nama baik instansi dan mampu menjalin ukhuwah dengan kontingen lainnya.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :