Berita / Akademik

Mahasiswa Prodi HES dan PAI STAIN Mandailing Natal Ikuti Pembekalan Praktikum dan PPL

Humas - 24 Januari 2020


Selasa, 21 Januari 2020, Sebanyak 159  Mahasiswa HES (Hukum Ekonomi Syari’ah) dan PAI ( Pendidikan Agama Islam) semester 8 hari ini mengikuti acara pembekalan Praktikum dan PPL di Aula STAIN Mandailing Natal. Acara ini dijadwalkan akan berlangsung 2 hari, yakni 21-22 Januari 2020. Pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini diikuti oleh mahasiswa prodi  PAI yang berjumlah 88 orang, dan praktikum diikuti oleh 71 orang mahasiswa prodi HES. Setelah mengikuti pembekalan, Kamis, 23 Januari 2020, mahasiswa akan melangsungkan PPL dan praktikum  hingga 23 Maret 2020. 

Acara pembukaan pembekalan berjalan lancar diikuti oleh seluruh mahasiswa praktikum dan PPL. Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua I. Dr. H.Kasman, MA.,Plt Kepala P3M, Irsan Barus, M.A, Kasubbag Akademik, Junita Irawati, M.A., Plt Ka. Prodi PAI Muhammad Ikbal, M.Pd,  dan Plt. Ka Prodi HES, Asrul Hamid, M.Hi.

Acara secara resmi dibuka oleh Ketua STAIN Mandailing Natal Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S. Beliau juga sekaligus sebagai pemateri pertama dalam pembekalan tersebut. Banyak nasehat yang beliau sampaikan,  baik dalam sambutannya, maupun dalam penyampaian materi pembekalan.

 Dr.H.Torkis Lubis, D.E.S.S menyampaikan kegembiraannya bersilaturrahim dengan mahasiswa semester 8 ini. Dalam arahannya, Dosen Senior di Prodi Bahasa dan Sastra Arab ini mengutip sebuah ayat, yaitu surah al-Baqarah ayat 197, yang artinya  “Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa…”, Beliau meminta ayat ini dihayati dan diamalkan oleh mahasiswa yang akan PPL dan praktikum dengan selalu menjaga takwa dimana pun berada. Beliau menekankan bahwa dalam bergaul dengan masyarakat akan banyak pengalaman, perbedaan, dan keragaman yang dihadapi, untuk itu perlu selalu menjaga sikap yang didasari oleh takwa kepada Allah Swt. Takwa akan melahirkan  akhlak terpuji, sopan-santun, harga-menghargai, dan sikap hormat kepada masyarakat. “Inilah yang paling penting kita amalkan di tengah masyarakat, sehingga kehadiran kita di tengah masyarakat yang beragam menjadi rahmat dan contoh yang patut diteladani”. Nasehat beliau.

Di saat penyampaian materi, Ketua STAIN Madina, yang selalu tampil bersahaja ini juga menyambangi mahasiswa dengan penuh keakraban. Beliau mengingatkan untuk selalu menjaga nama baik almamater, STAIN Mandailing Natal.  “ Di tempat praktek, baik di sekolah, di kantor, dan di tengah masyarakat, selalu berbuatlah yang terbaik, jangan merasa lebih hebat atau lebih pandai. Sebagai Mahasiswa, berpandai-pandailah membawakan diri, utamakan akhlak sebagaimana Rasulullah juga diutus untuk  menyempurnakan akhlak”. Tuturnya. Tak lupa beliau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa Praktikum dan PPL seraya berpesan agar selalu menjaga kesehatan, akhlak, dan ibadah kepada Allah Swt.

Adapun lokasi PPL dan Praktikum Mahasiswa HES dan PAI adalah sekolah dan kantor-kantor pemerintah dan swasta yang ada di kabupaten Madina. Ketua prodi PAI, Muhammad Ikbal Dalimunte, M.Pd menyampaikan bahwa mahasiswa PAI akan PPL di sejumlah Sekolah Menengah yang ada di Kabupaten Madina, yakni di Madrasah Aliyah Negeri, MAS,  Pondok Pesantren, dan SMK.  Sedangkan mahasiswa prodi HES, menurut penuturan ketua Prodi HES, Asrul Hamid, M.Hi, mahasiswa HES akan praktikum selama 2 bulan di Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Bank BNI, BSM, Bank Sumut, Pegadaian syari’ah, Koperasi Syari’ah Mitra Manindo, Kantor Kementrian Agama Madina, kantor KUA yang ada di Sekitar kota Panyabungan hingga kantor KUA Siabu.

Segenap civitas akademika STAIN Madina mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa PPL dan praktikum Prodi HES dan PAI. Semoga mampu berbuat yang terbaik, menjaga nama baik, dan mendapat nilai terbaik, Unggul, Moderat, Inovatif sesuai visi STAIN Madina.  ( Humas/Rita)

Share To :