Berita / Kemahasiswaan

Mahasiswa STAIN Madina Galang Relawan Mengajar Gratis Untuk Anak-anak Terdampak Covid-19

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 10 Februari 2021


Panyabungan – 10 Februari 2021. Mahasiswa STAIN Madina menggalang relawan mengajar untuk anak-anak di Panyabunga II Lingkungan I. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berkolaborasi dan kerjasama bersama Naposo Nauli Bulung (NNB), muda-mudi setempat.

Gerakan relawan mengajar ini digagas karena melihat kondisi anak-anak di Banjar Kobun merasakan dampak covid-19. Mereka tidak bisa mengikuti pelajaran secara daring dengan maksimal, sebab mayoritas anak-anak setempat tidak mempunyai peralatan dan media untuk sekolah online.

Program yang sudah berjalan beberapa hari ini, dikhususkan bagi anak-anak masyarakat setempat. Adapun anak-anak yang mengikuti program ini adalah mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), dan Tingkat Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan mengajar ini dilaksanakan di rumah-rumah dan di ruang terbuka. Anak-anak yang menjadi sasaran kegiatan dikumpulkan secara berkelompok. Mereka dipandu dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari membaca, berhitung, menyanyi dan kegiatan lainnya yang membuat suasana belajar tetap asyik dan menyenangkan.

Mahasiswa dan NNB yang menjadi promotor kegiatan ini tidak memungut biaya dari anak-anak. Semua kegiatan dilakukan secara sukarela dan gartis, mereka mengupayakan anak-anak yang terkendala tidak bisa belajar normal di sekolah masing-masing agar tetap bisa belajar walaupun dengan suasana yang berbeda.

Sesuai dengan keterangan Anwar, Mahasiswa Prodi HES, kegiatan ini mereka gagas karena prihatin dengan keadaan anak-anak yang setiap hari hanya menonton tv, main game dan bermain sepanjang hari.

“saya dan kawan-kawan NNB di Banjar Kobun sangat prihatin dengan kondisi adek-adek yang ada di sekitar kami, lalu kami mempunyai ide untuk membentuk relawan untuk program mengajar gratis. Targetnya untuk adek-adek yang terdampak covid-19 ini, mulai dari usia tingkat PAUD, TK sampai tingkat SD” papar Anwar

Kegiatan yang dirancang belajar sambil bermain ini mendapatkan respon positif dari masyarakat atau orang tua. Mereka mendukung anak-anak mereka agar ikut bergabung dalam program belajar bersama Kakak-kakak Mahasiswa dan NNB.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :