Berita / Prestasi

Perpustakaan STAIN Madina Sediakan Layanan Online Untuk Pemustaka Lewat OPAC

Humas - 25 Februari 2021


Panyabungan – 25 Februari 2021. Ka. UPT Perpustakaan STAIN Madina, Sarah Wulan Dari, S.Sos., menyampaikan bahwa Perpustaakaan STAIN Madina sudah memiliki layanan berbasis online. Jadi, para pengunjung dapat mengakses Online Public Access Catalog (OPAC) pada alamat www.library.stain-madina.ac.id

“Pada tahun 2021 ini, Alhamdulillah Perpustakaan STAIN Madina sudah memiliki layanan berbasis online. Para pemustaka baik mahasiswa, dosen maupun pengunjung dari luar bisa mengakses  OPAC (Online Public Access Catalog)” papar Sarah

Sarah juga melanjutkan bahwa melalui OPAC, pemustaka akan diberikan kemudahan untuk melakukan temu kembali (retrieval) koleksi bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan informasi pemustaka dan bisa melakukan pencarian berdasarkan subjek, judu buku, pengarang dan ISBN sehingga memudahkan pemustaka sebelum datang ke perpustakaan.

Siti Aisyah Batu Bara, S.Sos, salah satu Pustakawan menambahkan bahwa Saat ini, Perpustakaan sudah mulai beralih ke otomasi perpustakaan, yaitu menggunakan system Senayan Library Management System (SLiMS) Versi 9 Bulian.

“perpustakaan kita sudah kita upayakan beralih ke otomasi perpustakaan, dan saat ini jumlah koleksi yang terinput sudah 1030 judul koleksi perpustakaan” ujar Aisyah

Sistem ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur untuk memanajemen perpustakaan seperti layanan sirkulasi, keanggotaan, menambah bibliografi koleksi bahan pustaka, inventarisasi, serta pelaporan dari setiap kegiatan yang dilakukan sehingga sangat meringankan kinerja pustakawan dan pegawai perpustakaan.

Ketika pemustaka mencari buku dan mengklik buku tersebut maka akan tampil deskripsi fisik buku tersebut dan status buku apakah masih tersedia atau sedang di pinjam.

Semoga kedepannya Perpustakaan STAIN Madina akan lebih berkembang, menjadi centre of university sebagai pendukung kegiatan perkuliahan dan bisa lebih memberikan best service kepada pemustaka.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :