Berita / Prestasi

PKM III se-Sumatera dan se-Asia Tenggara Resmi Dibuka, Kontingen STAIN Madina Siap Berkompetisi

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 24 Juli 2023


Jambi – Senin, 24 Juli 2023. Ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKI) III se-Sumatera dan se-Asia Tenggara Tahun 2023 secara resmi dibuka pada Senin (24/07/2023) pagi. Acara yang digelar di Auditorium UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Kontingen STAIN Madina beserta Ketua STAIN Madina Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag beserta, Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Keuangan Dr. Kasman, M.A, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Irma Suryani Siregar, M.A, S.E., M.A, Ketua DWP STAIN Madina Ny. JWS Rizki Sumper Mulia dan Kasubbag Layanan Akademik Muhsin Nasli, S.Pd turut hadir pada upacara pembukaan tersebut.

Kompetisi mahasiswa wilayah sumatera dan PTI Asia Tenggara dalam bidang ilmiah, seni dan olahraga ini dibuka langsung oleh Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, S.Ag. M.Pd.

Ia mengapresiasi penyelenggaraan PKM III yang diselenggarakan di UIN Jambi kali ini karena ini merupakan kegiatan paling istimewa dengan hadirnya peserta dari perguruan tinggi islam Asia Tenggara. Sehingga gelaran kompetisi ini tidak hanya berskala regional tetapi telah merambah skala internasional.

Melalui penyelenggaraan PKM III selain menjadi ajang untuk mempersiapkan atlet untuk menghadapi even nasional ia mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah pembinaan prestasi, karakter, mental spritual dan akhlak diantara para peserta serta mengokohkan persaudaraan kebangsaan dan ke indonesiaan menuju Indonesia unggul 2045.

Terakhir, ia mengapresiasi atas kerja keras panitia sehingga perhelatan ini dapat terselenggara. “Selamat berkompetisi bagi para peserta kontingen, selamat menjalankan amanah bagi para dewan hakim, dewan juri, dan wasit. Mari kita jaga integritas moralitas dan sportivitas bertanding. Selamat dan sukses”, tutup Zulpan Syarif.

Sebagai tuan rumah, Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D mengucapkan selamat datang atas kehadiran para kontingen peserta PKM III serta para tamu undangan yang hadir pada pembukaan PKM III di Kampus lokomotif perubahan, terdepan dan berwibawa. Ia mengungkapkan rasa bangganya karena UIN Jambi dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana pada PKM III PKM Ke-III yang dilaksanakan Se-Sumatra dan dan Asia Tenggara.

“Menjadi tuan rumah kegiatan PKM Ke-III yang dilaksanakan Se-Sumatra dan dan Asia Tenggara ini selain menjadi satu terobosan baru yang dilakukan UIN Jambi, hal ini juga akan meningkatkan nilai akreditasi perguruan tinggi”, ucapnya. Keterlibatan PTI se-Asia Tenggara pada ajang kompetisi PKM III kali ini merupakan inisiatif dari Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk mengembangkan tidak hanya menjadi kompetisi regional tetapi menjadi kompetisi internasional.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan capaian-capaian luar biasa yang telah diraih UIN Jambi sejak bertransformasi menjadi UIN pada tahun 2017 lalu yang ditampilkan dalam video singkat profil UIN Jambi. Diantaranya menduduki ranking dunia Times Higher Education satu-satunya dibawah kementerian Agama RI dengan kategori reporter dan ranking 7 dunia sebagai kampus ramah disabilitas versi UNESA Dimetric. Selain itu, Rektor UIN Jambi juga menyampaikan rencana strategis UIN Jambi sebagai Badan Layanan Umum (BLU) dengan membangun Compact Edu-eco Tourism di kampus II untuk memaksimalkan pemanfaatan aset dan untuk pembangunan berkelanjutan demi mensejahterakan seluruh stakeholder.

Dalam laporannya Ketua Panitia PKM III Dr. Bahrul Ulum, MA menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan PKM III berdasarkan keputusan Rektor UIN Imam Bonjol 10 Juni 2021 yang mengamanahkan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sebagai tuan rumah PKM III tahun 2023 dengan tema “Kembangkan Talenta Mahasiswa, Junjung Sportivitas dan Rekognisi”.

Adapun peserta pada PKM III kali ini tidak hanya diikuti perguruan tinggi se-Sumatera tapi juga se-asia Tenggara yaitu 22 PTKIN se-Sumatera dan 9 Perguruan Tinggi Islam di Asia Tenggara yaitu Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja Singapura, dan Brunei Darussalam.

Ajang lomba PKM III ini digelar 20 Mei – 29 Juli 2023 secara hybrid baik daring dan luring dengan mempertandingkan 33 cabang lomba yang terdiri dari 10 cabang lomba bidang ilmiah, 11 cabang lomba bidang seni dan 12 cabang lomba bidang olahraga dengan diikuti 1530 peserta. Pelaksanaan babak penyisihan pada cabang lomba ilmiah dan seni yang sudah dimulai sejak babak penyisihan pada 20-23 Mei 2023 secara virtual melalui zoom dalam bentuk pengiriman video dan pengiriman naskah. Sedangkan perlombaan lainnya akan dilaksanakan mulai 26-29 Juli 2023 di lima venue yang berbeda. Adapun lima venue yang digunakan selama penyelenggaraan PKM III yaitu Kampus I dan Kampus II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, GOR Kotabaru Jambi, Natasha Badminton Hall Simpang Rimbo dan Danau Sipin Kota Jambi.

Pada kesempatan lain, Ketua STAIN Madina Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag turut mengucapkan selamat atas suksesnya pembukaan PKM III ini, beliau berharap kesuksesan ini berlanjut hingga selesai acara. Beliau juga memberikan pesan dan semangat kepada para kontingen khususnya STAIN Madina untuk dapat memberikan usaha yang optimal.

"STAIN MADINA!! Horas! Horas! Juara!" Teriak beliau bersama para kontingen STAIN Madina.

Pembukaan PKM III ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi sekaligus Ketua Alumni UIN SUlthan Thaha Saifuddin Jambi Drs. Abdullah Sani, M. Pd.I, Ketua Forum Rektor PTKIN se-Sumatera Prof. Dr. Nyanyu Khodijah, M.Pd.I, para Rektor dan Ketua PTKIN se-Sumatera, dan Kepala Biro PTKIN se-Sumatera, perwakilan PTI se-Asia Tenggara yang hadir secara virtual, jajaran Forkopimda Provinsi Jambi, serta para stake holders lainnya.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :