Berita / Kampus

Prodi PAI Bekali Mahasiswa Baru Melalui Seminar Ilmiah Wujudkan Kemerdekaan Akademisi PAI

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 03 Oktober 2023


Panyabungan - Selasa, 03, Oktober 2023. Seminar Prodi PAI STAIN Madina sukses digelar. Kegiatan ini diharap sebagai amunisi awal mahasiswa Prodi PAI diawal tahun ajaran baru, sebagai ajang untuk memberikan doktrin bahwa mahasiswa baru harus bisa kuliah 3 tahun 8 bulan atau maksimal 4 tahun. Kegiatan ini diadakan di gedung serbaguna STAIN Madina pada bulan lalu, tepatnya Kamis (14/09).

"Di hari Kamis Empat Belas September Dua ribu dua puluh tiga, kalian didudukan diaula lama sebagai mahasiswa baru, kelak ditahun Dua ribu dua puluh tujuh kalian sudah menjadi Sarjana Pendidikan Agama Islam" tandas Syamsiah Depalina selaku ketua panitia disela penyampaian pelaporan kegiatan Seminar Ilmiah.

"Jangan Ajari anak-anak kita dengan pola asuh yang kita peroleh sewaktu kecil, namun ajari sesuai jamannya. Siapkan diri, bekali diri dengan Ilmu Pengetahuan terkhususnya Ilmu Agama hadapi era revolusi Industri 4.0 dan digital society 5.0." tutur Rohman selaku pengisi acara pada seminar ilmiah Prodi PAI yang diselenggarakan oleh Progam Studi Pendidikan Agama Islam dalam rangka menyambut kehadiran mahasiswa semester I Tahun Ajaran 2023/2024. 

Dr. H Kasman, MA selaku narasumber pada acara Seminar Ilmiah ini mengatakan bahwa seorang mahasiswa tidak boleh tuli terhadap kritikan, dan selalu berpikir positif merupakan jargon motivasi yang ditawarkan oleh beliau. 

"kalau ingin sukses harus selalu berpikiran positif setiap tindakan dan perbuatan yang dilakukan." Ucap Dr. Kasman.

Asyiknya menjadi guru PAI, menjadi tema selanjutnya yang disampaikan narasumber kedua yakni Muhammad Ikbal, M.Pd, beliau menyampaikan beberapa keasyikan menjadi guru PAI yang salah satunya adalah ketika anak – anak yang sudah dididik tersebut menjadi lebih baik dari kita, ketika mereka berteriak memanggil kita dan patuh dengan nasehat nasehat yang diberikan oleh gurunya. "Jadilah mahasiswa yang sadar bukan yang nyasar" tegas beliau disela – sela pemaparan materi.

Acara didamping oleh Khairurijal, M.Pd sebagai moderator, beliau menutup diskusi dengan memberikan pesan kepada mahasiswa agar mereka terus belajar sepanjang hayat. "Teruslah Menambah wawasan di bidang pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam, ciptakan pendidikan yang Gembrot (Gembira dan Berbobot). Karena sesungguhnya Seorang pembelajar akan mendapatkan mutiara yang menjadi bekal masa depannya." Tutup beliau.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

 

Share To :