Berita / Kampus

STAIN Madina Lakukan Kunjungan Sekaligus Kerjasama Dengan 4 Prodi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 15 November 2022


Jakarta - 15 November 2022. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina) lakukan kunjungan ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kunjungan tersebut dalam rangka penandatanganan perjanjian kerja sama bidang pengembangan pendidikan bersama 4 Program Studi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ikut dalam rombongan STAIN Mandailing Natal berjumlah 5 orang di antaranya Parulian Siregar, M.Pd.I (Ketua Prodi PGMI), Rahmi Seri Hanida, M.Pd., (Sekprodi PGMI), Ayu Meita Puteri Siregar, M.Pd., (Sekprodi TBI), Suadi, M.Pd., (Kaprodi Tadris Matematika), dan Reni Septrisia, M.Pd., (Sekprodi MPI).

Kunjungan diterima Dekan FITK Dr. Sururin, M.Ag., didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Kadir, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Abdul Muin, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja sama, Dr. Khalimi, M.Ag., Kaprodi Magister PBI, Prof. Dr. Ratna Sari Dewi, M.Pd., Kaprodi PBI, Didin Nuruddin Hidayat, Ph.D., Kaprodi MP, Drs. Mu’arif SAM, M.Pd., Kaprodi PGMI, Dr. Asep Ediana Latip, M.Pd., Kaprodi Matematika, Dr. Gelar Dwirahayu, M.Pd., sejumlah dosen PBI, MPI, PGMI, dan Prodi Matematika, serta sejumlah tenaga administrasi FITK UIN Jakarta.

Dalam sambutannya, Dekan FITK UIN Jakarta, Dr. Sururin, M.Ag mengucapkan selamat datang kepada rombongan STAIN Madina, beliau menyambut hangat atas kunjungan tersebut yang juga dalam rangka silaturrahmi serta pengelolaan beberapa program studi. Beliau juga mengatakan bahwa setiap kegiatan yang diadakan oleh FTIK UIN Jakarta akan langsung terupdate melalui humas yang bertindak sebagai penanggung jawab publikasi.

“Bapak-ibu, di sini ada humas kami yaitu pak Muslih, beliau ini yang selalu meng-update kegiatan-kegiatan di FITK berupa berita. Hari ini kegiatan, hari ini pula beritanya publish di website. Ini adalah bentuk pertanggung jawaban dan akuntabilitas kami kepada publik dan untuk sosialisasi kegiatan-kegiatan kami,” sambungnya.

Info dari beliau, di UIN Jakarta sendiri FTIK merupakan Fakultas terbesar dengan 16 program studi S1 dan S2, S3 PAI dan satu program PPG. Totalnya ada 18 program studi. Lebih lanjut beliau menjelaskan FITK saat ini sedang menyiapkan proposal pengajuan prodi S2 PGMI, IPS, Matematika, dan S3 PBA. Masih menurut beliau, FITK UIN Jakarta memiliki 4 Prodi Magister, yaitu MPBI, MPAI, MPBA, dan MMPI dan satu Prodi S3 yaitu S3 PAI.

“Kami sangat menyambut baik kehadiran Bapak-ibu, silakan kalau ada yang mau didiskusikan secara intensif dengan prodi masing-masing, silakan,” pungkas Sururin mempersilahkan.

Sementara itu, Parulian Siregar, M.Pd.I (Ketua Prodi PGMI) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih banyak telah diterima berkunjung di FITK UIN Jakarta. Parulian Siregar menjelaskan, ia dan rombongan awalnya ragu akan dietrima berkunjung ke FITK UIN Jakarta FITK UIN Jakarta.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada FITK UIN Jakarta atas sambutan yang luar biasa. Kami kira dulu surat permohonan kunjungan kami tidak akan diterima di sini, karena kampus kami baru lahir, masih kecil dan dari daerah terpencil. Kami ragu diterima berkunjung ke kampus PTKIN tertua di Indosesia. Jujur kami ragu. Ternyata, setelah sampai di sini, kami disambut dengan hangat dan penuh kekeluargaan. Sekalim lagi kami ucapkan terima kasih Bu Dekan,” ucap Parulian Siregar.

Parulian Siregar kemudian menyampaikan jumlah Prodi STAIN Madina yang di bawah rumpun Tarbiyah. Menurutnya, ada 8 Prodi.

“Kami di rumpun Tarbiyah memiliki 8 Prodi, Bapak-ibu. Pertama ada PAI, kemudian MPI, PGMI, PIAUD, TBI, IPA, Matematika, dan Biologi. Karena semua prodi itu baru, maka dari itu kami berkunjung ke sini selain untuk penandatanganan MoA sejumlah prodi juga untuk belajar mengenai pengelolaan prodi dan juga kurikulum. Dengan kerendahan hati kami, sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyak atas penerimaan yang luar biasa dan hangat ini,” pungkasnya.

Sebagai Informasi, acara yang dilangsungkan di ruang sidang fakultas lantai 2 itu dilanjutkan dengan penandatanganan MoA yang dilakukan 4 prodi. Kemudian dilangsungkan dialog dan berbagi informasi seputar prodi masing-masing. Pada kesempatan itu, sejumlah rombongan dari STAIN Madina menanyakan beberapa hal, utamanya berkaitan dengan pengelolaan prodi dan kurikulum prodi di FITK UIN Jakarta. 

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :