Berita / Prestasi

STAIN Madina Sukses Raih 2 Juara di Acara PKM II Se-Sumatera Pada Bidang Qiroatul Kutub

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 07 Juni 2021


Panyabungan – 07 Juni 2021. Kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) II yang digelar di UIN IB Padang masih berlangsung dan semakin memanas. Sebanyak 22 PTKIN se-Sumatera bersaing memperebutkan medali dan juara dari berbagai jenis cabang lomba.

Pada hari ini (07/06/2021) peserta kontingen STAIN Madina pada cabang lomba Qiroatul Kutub berhasil melaju ke babak final. Cipto Halomoan sebagi perwakilan putra berhasil meraih lima besar dan mencatatkan nama kampus STAIN Madina sebagai Harapan II. Sementara itu, Sholatiah yang mewakili putri sukses mendapatkan medali dan sebagai juara III.

Sesuai dengan keterangan Cipto, bahwa persaingan sesama kompetitor sangat ketat dan banyak mengikis energi.

“persaingan lumayan ketat, para peserta dari kampus lain sangat menguasai, karena secara umum peserta yang ikut di bidang MQK merupakan pemain lama di Pionir dan PKM” tutur cipto

Pada kesempatan itu, Khairul Bahri Nasution, M.H.I., sebagai Pembina MQK menyampaikan bahwa hasil yang dicapai sesuai dengan kesungguhan masing-masing peserta.

“hasil ini merupakan bagian dari usaha dan kesungguhan mereka. Saya melihat mereka berdua (cipto dan sholatiah) sangat disiplin dan tidak bosan belajar, Alhamdulillah dengan hasil yang sudah dicapai dapat ditingkatkan lagi pada ajang berikutnya” kata beliau

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., memberikan apresiasi secara khusus kepada peserta yang telah berhasil meraih juara dan beliau juga terus memberikan motivasi kepada seluruh kafilah STAIN Madina yang sedang berlomba di UIN IB.

Sebagai informasi, lomba Qiroatul Kutub adalah jenis cabang lomba membaca kitab turats atau klasik. Yaitu kitab yang tidak mempunyai baris, sehingga lebih familiar disebut dengan nama kitab arab gundul atau kitab kuning.

Peserta dituntut untuk mampu membaca, menerjemahkan kemudian menjelaskan setiap kata dari tema yang telah dipilih oleh dewan hakim. Selanjutnya peserta juga diminta untuk menguraikan kata demi kata dalam konteks kekinian.

Dr. H. Kohar, M.M., sebagai Wakil Ketua III dan sekaligus ketua Kontingen PKM STAIN Madina mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas akademika STAIN Madina yang selalu memberikan doa dan dukungan kepada seluruh peserta yang sedang berkompetisi.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :