Berita / Kemahasiswaan

Studi Literasi Mahasiswa Ekonomi Syariah ke Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatera Utara di Medan

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 17 Juli 2024


Panyabungan – Rabu, 17 Juli 2024. Sebanyak 20 mahasiswa dari program studi Ekonomi Syariah STAIN Mandailing Natal berpartisipasi dan hadir dalam kegiatan studi literasi keuangan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) perwakilan Sumatera Utara di Medan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap pasar modal Syariah dan instrumen investasi syariah.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini didampingi oleh Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, Bapak Faisal Affandi, M.E.I, serta dosen pengampu, Bapak Budiman Rosyadi,Nasution. Kegiatan ini berlangsung di kantor BEI perwakilan Sumatera Utara dan melibatkan sesi pemaparan, diskusi, serta simulasi investasi di pasar modal Syariah.

Bapak Faisal Affandi, M.E.I dalam sambutannya menyampaikan, "Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan praktis tentang pasar modal syariah. Kami berharap, melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memahami mekanisme pasar modal syariah dan mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di dunia nyata."

Sementara itu, Bapak Budiman Rosyadi Nasution menambahkan, "Kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia ini sangat penting untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa. Kami berterima kasih kepada BEI perwakilan Sumatera Utara yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa kami untuk belajar langsung dari para praktisi."

Para mahasiswa tampak antusias mengikuti setiap sesi yang diberikan. Mereka mendapatkan pemahaman mendalam tentang berbagai instrumen investasi syariah, seperti Saham Syariah, Obligasi/Sukuk, dan Reksadana Syariah. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan tentang pentingnya literasi keuangan dan cara mengelola investasi dengan bijak sesuai prinsip-prinsip syariah.

Salah satu mahasiswa, Rizky Aulia Nasution, mengungkapkan, "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami tidak hanya belajar teori di kampus, tetapi juga mendapatkan pengalaman praktis yang sangat berharga. Saya semakin tertarik untuk mendalami investasi syariah dan berharap bisa berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah di masa depan."

Bursa Efek Indonesia perwakilan Sumatera Utara menyatakan komitmennya untuk terus mendukung program-program literasi keuangan di kalangan mahasiswa. Mereka berharap, dengan semakin banyaknya generasi muda yang melek investasi, pasar modal syariah di Indonesia akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Nasional.

Kegiatan studi literasi ini diharapkan dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara institusi pendidikan dan Bursa Efek Indonesia dalam mengembangkan literasi keuangan di kalangan mahasiswa. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang investasi syariah, diharapkan para mahasiswa Ekonomi Syariah STAIN Mandailing Natal dapat menjadi agen perubahan yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa Ekonomi Syariah STAIN Madina dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep pasar modal syariah, serta mendorong mereka untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :