Berita / Kampus

Benchmarking dengan SPI UIN Jakarta, Kepala SPI STAIN Madina Upayakan Optimalisasi Peranan SPI

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 19 November 2022


Jakarta - 19 November 2022. Nanang Arianto,M.A selaku Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina) yang didampingi Sekretaris SPI STAIN Madina, Satria Darma, ME adakan kunjungan sekaligus benchmarking bersama Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada Jum'at lalu, (18/11). Berlokasi di Kantor SPI UIN Jakarta, para rombongan disambut baik oleh  Kepala  SPI UIN Jakarta bpk Drs. Abdul Hamid Cebba, MBA., Ak., CA., CPA dan jajarannya.

Dalam pertemuan tersebut, Bapak Hamid Cebba menyampaikan mengenai bagaimana membangun SPI yang matang, setiap personil SPI harus dilengkapi dengan pelatihan-pelatihan atau kompetensi yang dapat menunjang pekerjaan mereka. Berdasarkan PMA 25/2017 personil minimal untuk masing-masing SPI telah ditentukan dimana untuk STAIN minimal 5 orang, untuk IAIN minimal 7 orang dan untuk UIN minimal 9 orang. Sedangkan untuk struktur organisasinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di instansi masing-masing.

Sekretaris SPI UIN Jakarta, Ahmad Afandi, SE., ME., CRMP mejelaskan tahapan pembentukan SPI, memperkenalkan personil dan divisi yang ada SPI UIN Jakarta, menjelaskan skema shadowing, dan optimalisasi fungsi SPI.

Disisi lain, Bapak Nanang Arianto juga menyampaikan sebagaimana dikutip oleh humas STAIN Madina bahwa peranan SPI harus ditingkatkan melihat Peran SPI UIN Jakarta yang telah melampaui fungsinya, sehingga kegiatan kegiatan preventif dapat mereka lakukan dalam rangka menekan penyalahgunakan wewenang.

Beliau juga menjelaskan bahwa langkah-langkah optimalisasi peran SPI di STAIN Madina akan ditingkatkan melalui pembuatan SPI Charter, dan melengkapi SOP dan dokumen terkait,Sehingga keberadaannya dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mengawal terwujudnya Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :