Berita / Akademik

Civitas Akademik STAIN dan Pemkab Madina Berangkatkan Mahasiswa KKL Tahun 2019

Administrator - 08 Desember 2019


(Penyabungan, 24/07/19) Segenap civitas akademik kampus STAIN Madina melaksanakan pembekalan dan pelepasan  mahasiswa sebanyak 219 peserta yang tersebar di 5 Kecamatan. Yaitu: Kecamatan Kotanopan, Pakantan, Ranto Baek, Lingga Bayu, dan Muara Sipongi. Dalam sambutannya Ketua STAIN Madina, Bapak Dr. H. Torkis Lubis D.E.S.S menyampaikan, Kuliah kerja lapangan pertama ini diharapkan para mahasiswa menerapkan ilmu yang sudah didapatkan di bangku perkuliahan. Mahasiswa juga diharapkan mampu menjaga persatuan di tengah-tengah masyarakat dengan mengedepan moderasi, kreatif dan inovatif sesuai dengan visi kampus STAIN Madina.

Sambutan dari Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal diwalili Kepala Badan Kesbangpol Bapak Drs. M Amin Nasution  MM menyatakan bahwa, diharapkan mahasiswa nantinya bisa berkomunikasi dengan baik dan bijaksana kepada masyarakat. Mahasiswa  nantinya  mampu menyampaikan masukan dari masyarakat kepada pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

Wakil Ketua I Bapak Dr. Sakban  MA  mengungkapkan bahwa bagaimana mahasiswa bisa bekerja sama di tengah masyarakat untuk mencapai common goals, tujuan bersama. Oleh karenanya, mahasiswa sebagai calon administrator di sektor publik seyogyanya memiliki pengalaman hidup di tengah masyarakat. mahasiswa harus dibiasakan untuk membahasakan gagasan. “Artinya ketika ada permasalahan, dia bisa menganalisis, bisa mengurai, kemudian bisa juga merumuskan permasalahan, dan membahasakan gagasannya,”

Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STAIN Madina Bapak Dr. Sawaludin M.Pd.I didampingi Ketua LP2M Bapak Dr. Solehudin Harahap M.Sy juga menyampaikan, dengan hadirnya kegiatan KKL ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman secara empiris di dunia kerja.  Selain itu, nuansa kerja yang diperoleh di lapangan diharapkan akan membangun perilaku, sikap, dan pola pikir profesional yang benar menjadi tuntutan dunia kerja saat ini. Dengan demikian, para mahasiswa dapat mempersiapkan lebih dini tentang apa yang akan mereka hadapi kelak, baik di dunia kerja maupun di dunia usaha yang terus berkembang sesuai tuntutan zaman.

Share To :