Berita / Prestasi

Dr. H. Dedisyah Putra, Lc., M.A., Ketua Prodi HKI Sampaikan Orasi Ilmiah di Kampus STITBA

Humas - 21 Desember 2020


Panyabungan – Senin, 21 Desember 2020. Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam STAIN Madina, Dr. H. Dedisyah Putra Lc., M.A., menyampaikan orasi ilmiah di acara sidang senat terbuka wisuda angkatan pertama kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Babussalam (STITBA) (19/12/2020).

Orasi ilmiah yang disampaikan bertajuk Moralitas Beragama Sebagai Asas dalam Membangun Peradaban. Sebagai pengantar, beliau menyampaikan bahwa dalam membangun peradaban antara pengetahuan atau sains dan agama harus seimbang.

“Dalam membangun Peradaban, sangat diperlukan penguasaan Ilmu Pengetahuan, moralitas dan agama. Ilmu pengetahuan yang harus dikuasai pertama sekali adalah ilmu  Alqur'an dan Sunnah Nabi SAW. Dua unsur ini harus seimbang dalam kehidupan kita” paparnya

Beliau juga menambahkan bahwa selain mendalami Ilmu agama yang harus selalu dituntut, ilmu dunia sebagai kompetensi lulusan harus terus dikembangkan. Beliau berpesan bahwa para wisudawan tidak berhenti sampai jenjang S-1, namun tetap mencari peluang agar bisa melanjutkan Pendidikan jenjang yang lebih tinggi.

Pada puncak orasinya, Dedi mengatakan bahwa kesuksesan seseorang harus berbanding lurus dengan baktinya kepada orangtuanya.

“Orang yang pertama sekali diperlakukan dengan baik dalam bakti, adalah berbakti kepada kedua orangtua. Sebab kita semua akan gagal di saat kita gagal berbakti kepada kedua orangtua” papar dedi

Sebagi pesan penutup pada orasi itu, Dedi berpesan bahwa kunci awal dari kesuksesan sudah dimilki oleh para wisudawan.

“Pintu menuju kesuksesan sudah ditangan saudara, yaitu gelar serjana, maka teruslah belajar, dan pandai-pandailah mencari peluang. Manfaatkan relasi yang ada, geluti pekerjaan apapun jenisnya yang penting halal” tutup beliau

Untuk informasi, kampus STIT Babussalam adalah merupakan salah satu kampus swasta di Kutacane, Aceh Tenggara, Nanggroe Aceh Darussalam.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :