Berita / Kampus

Dukung Transformasi Digital, UPT TIPD STAIN Madina Sukses Gelar Pelatihan Teknik Presentasi Kuliah Menggunakan Media Digital

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 17 Oktober 2023


Panyabungan - Selasa, 17 Oktober 2023. Presentasi merupakan hal yang sangat krusial di dunia perkuliahan. Beberapa dosen meminta mahasiswanya tidak hanya sekedar mempresentasikan makalahnya, namun juga dibarengi dengan slide powerpoint sebagai media. Maka, atas dasar tersebut, UPT TIPD STAIN Mandailing Natal membuat pelatihan guna merespon problem tersebut dengan mengadakan pelatihan. Kegiatan pelatihan tersebut diberi tema: “Pelatihan Teknik Presentasi Kuliah Menggunakan Media Digital”. Berlokasi di Gedung Serba Guna STAIN Madina, kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, (05/10) lalu.

Tema pelatihan yang diusung langsung membuat Dr. Kasman, M.A, selaku Wakil Ketua Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan yang juga sebagai atasan vertikal langsung UPT TIPD STAIN Mandailing Natal menyetujuinya. “ya, masih banyak mahasiswa bapak kalau presentasi, bukan menjelaskan tapi baca makalah, itupun bacanya tidak lancar” ungkap beliau antusias saat tema pelatihan ini diusulkan. Beliau juga turut hadir sekaligus membuka acara.

Dalam sambutan nya, Mukhtar Halim, S.Kom, selaku Kepala UPT TIPD STAIN Mandailing Natal berharap agar para peserta pelatihan kali ini mengikutinya dengan seksama. Beliau melaporkan, pelatihan dibagi menjadi dua sesi; sesi public speaking dan sesi pembuatan media digital presentasi. Pelatihan tersebut dihadiri setidaknya 65 peserta yang terakumulasi dari utusan masing-masing program studi (Prodi) yang ada di STAIN Mandailing Natal.

Adalah Zulfan, S.Kom, pemateri public speaking pada pelatihan ini. Beliau merupakan Master of Ceremony yang sudah berpengalaman di dibidangnya. Sebagai praktisi yang professional dan memiliki public speaking ciamik, tentu kehadiran Zulfan, S.Kom, sebagai pemateri menyita seluruh perhatian para peserta saat pertama mengucapkan salam pembuka. Nada, gestur, trik, solusi saat presentasi dan berbicara di muka umum, membuat antusiasme para peserta pelatihan bergejolak. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tangan terangkat saat sesi tanya jawab dibuka. Keluhan terkait grogi, takut bicara, ragu, takut salah, dan hal-hal teknis manusiawi lainnya saat berada di muka umum banyak digemakan sebagai pertanyaan. Materi kedua dilanjutkan dengan trik pembuatan media presentasi mengunakan Powerpoint dan Canva. Dalam praktik pembuatan media digital, peserta pelatihan dibantu oleh staf UPT TIPD STAIN Mandailing Natal. Staf TIPD STAIN Mandailing Natal yang terdiri dari Nugraha Andri Afriza, M.Ag, Febriwanti L Tobing, A.Md, dan Syahril Basya, secara sigap berkeliling sebagai pendamping dalam membantu hal teknis dalam pembuatan media digital. Pembagian hadiah bagi penanya setelah melontarkan pertanyaan juga menjadi “bumbu penyedap” yang membuat acara pelatihan ini semakin meriah. Di akhir sesi, peserta pelatihan diminta untuk mempraktikkan teknik public speaking dan membuat media digital sebagai tolak ukur pemahaman.

Pada penutupan acara, peseta pelatihan diminta untuk mengisi kuisioner dari google form sebagai feedback bagi UPT TIPD STAIN Mandiling Natal agar terus bisa berbenah dan mengetahui, respon serta pelatihan selanjutnya yang diinginkan oleh perwakilan mahasiswa tiap-tiap prodi tersebut secara akurat. Beberapa isian kuisioner peserta diantaranya:

“Semoga seminar mengenai presentasi masih tetap dilaksanakan tahun depannya, supaya bisa bermanfaat bagi mahasiswa lainnya” tulis Rizky Auliya Nasution, Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah (ES).

"Sebenarnya seminar public speaking ini sangat dibutuhkan oleh seluruh mahasiswa pak/Bu. Agar tidak terjadi keterbatasan administrasi kami sebagai mahasiswa/i bersedia kok pak/Bu untuk membantu. Kami bersedia mengumpulkan administrasi 5k-10k per mahasiswa, toh ini juga kepentingan kami agar bisa melatih kemampuan dalam berbicara di depan audiens dengan jumlah yang banyak. Dan terimakasih juga kepada bapak/ibu yang telah mengadakan acara seminar ini.  Semoga ilmu yang disampaikan kepada kami dapat kami terapkan di dunia perkuliahan kami, Terimakasih" tulis Devi Rahma Sari, Mahasiswi Manajemen Bisnis Syariah (MBS).

“semoga akan ada kegiatan lagi yang diadakan oleh TIPD terutama dalam bidang pengembangan soft skill mahasiswa” tulis Silva Hidayah Nst, Mahasiswi Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :