Berita / Akademik

Gelar Acara PBAK Ketua STAIN Madina Dorong Mahasiswa Baru Tekuni Hafalan Alquran

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 15 September 2021


Panyabungan – 15 September 2021. STAIN Madina menggelar kegiatan PBAK bagi mahasiswa baru secara terbatas. Kegiatan yang digelar secara outdoor dan indoor ini telah mendapatkan izin dari satgas covid-19 Mandailing Natal. Karena itu, seluruh peserta yang hadir selalu diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan super ketat.

Pada sambutan yang mewakili panitia, Dr. H. Kasman, M.A., menyampaikan bahwa mahasiswa yang dihadirkan di dalam gedung dalam pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) sekitar 450 orang. Sedangkan diluar gedung lebih kurang 200 orang.

“hari ini sekitar 650 orang mahasiswa yang hadir dalam kegiatan PBAK. Karena harus berusaha tetap menjaga jarak, maka kita membagi jumlah kelompok mahasiswa. Ada yang di dalam gedung dan sebagai di luar gedung” tutur beliau

Kemudian beliau juga menjelaskan bahwa pelaksanaan PBAK berlangsung hanya untuk dua hari saja (14-15/09/2021). Di hari pertama materinya terkait pengenalan budaya kampus, administrasi dan keuangan, dan ma'had jami'ah. Sedangkan untuk hari kedua, masing-masing Prodi diminta untuk memberikan topik khusus yang lebih dominan terkait masalah perkuliahan.

Sementara itu, Ketua STAIN Madina menyampaikan dalam sambutannya bahwa kampus STAIN Madina sangat berpotensi untuk melahirkan sarjana-sarjana yang hafal dan mengamalkan Alqur’an.

“saya sangat bangga kalau kampus kita ini disebut kampus Alqur’an. Karena itu saya berharap, ananda mahasiswa baru semua dapat menekuni menghafal dan mengamalkan Alqur’an” kata beliau

Selain itu beliau juga memberikan motivasi untuk menggapai cita-cita. Dalam penyampaiannya bahwa setiap orang mempunyai cita-cita yang sangat ditunggu-tunggu oleh keluarga. Sehingga seorang mahasiswa dituntut untuk memberikan hasil yang terbaik kepada keluarganya

Untuk informasi, bahwa dalam kegiatan PBAK yang digelar,tidak ada kegiatan perpeloncoan yang sangat identik dengan kelas senior dan junior. Dalam kegiatan PBAK ini, pengurus Dema dan HMPS dari masing-masing prodi berbaur dan menyatu dengan mahasiswa baru.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :