Berita / Akademik

Prodi MBS STAIN Madina Gelar Workshop Pengembangan dan penyusunan Kurikulum KKNI Mengacu Kampus Merdeka Belajar

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 06 Juni 2021


Panyabungan – 06 Juni 2021. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah STAIN Madina melakukan penyesuaian kurikulum sesuai dengan perkembangan dan dinamika pendidikan di tanah air. Kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan menggelar workshop pengembangan dan penyusunan kurikulum KKNI mengacu pada Kampus Merdeka Belajar.

Ketua Prodi MBS, Drs. Kusor, M.Si., menjelaskan bahwa Prodi MBS berupaya untuk melakukan penyesuaian untuk menghasilkan luaran atau alumni yang berkualitas dan siap pakai untuk memenuhi pasar dunia kerja.

“kita menginginkan adanya penyesuaian dengan kebutuhan lapangan dunia kerja. Karena itu, kita berupaya menyusun bentuk kurikulum KKNI yang mengacu kampus merdeka belajar. Mudah-mudahan dengan upaya ini, Prodi MBS dapat melahirkan alumni yang siap pakai di tengah-tengah masyarakat” tutur beliau

Pada kegiatan workshop ini, Prodi MBS menghadirkan narasumber dari pakar akademisi dan praktisi atau stake holder. Sebagai perwakilan akademisi hadir Dr. Ade Gunawan, SE., M.Si., Wakil Dekan I Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Khoirul Anwar, S.IP., Kabid Kelembagaan dan Pengawasan dari Dinas Koperindag Madina sebagai Stake Holder.

Dr. Ade Gunawan menyampaikan bahwa penyesuaian kurikulum dalam pengelolaan kampus saat ini sudah mesti harus mampu dibaca oleh akademisi.

“perkembangan dan perubahan teknolgi yang begitu pesat, memaksa kita untuk melahirkan konsep dan metode dalam pengelolaan kampus atau perguruan tinggi. Tugas sebagai akademisi harus mampu membaca skil yang akan disiapkan untuk luaran setiap Prodi” kata beliau

Pada kesempatan itu juga, Khoirul Anwar, S.IP., menambahkan bahwa pasar dunia kerja sangat membutuhkan alumni yang sudah siap pakai.

“dunia kerja saat ini mengharapkan alumni-alumni dari perguruan tinggi dengan skli yang sudah siap pakai. Karena itu, kampus harus mampu melahirkan generasi yang mampu berkompetisi dalam dunia kerja” kata beliau

Sesuai dengan keterangan Sekretaris Prodi, Arwin, M.A., bahwa kegiatan yang digelar di Aula ini dihadiri oleh sejumlah unsur pimpinan dan seluruh dosen serta mahasiswa  Prodi MBS.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :