Berita / Kampus

Halal Bihalal, Bedah Buku Dan Strategi Perekrutan Mahasiswa Baru HMPS MD dan Program Studi Manajemen Dakwah

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 27 April 2024


Panyabungan - Sabtu, 27 April 2024. Kegiatan yang diinisiasi dari HMPS MD yang dinakhodai Mhd Alfarizi Sitompul dan Prodi Manajemen Dakwah STAIN Madina bersama Ketua Prodi MD Dr. Datuk Imam Marzuki MA. Hadir juga sekretaris prodi MD: Rahmi Wahyuni M.Sos, para dosen yang terdiri dari Nanang Arianto MA, Elismayanti Rambe, M.Kom.I dan Yenni Batubara, M.H serta para anggota HMPS dan mahasiswa Prodi MD. Agenda ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin sebulan sekali, dalam bentuk seminar dan bedah buku untuk memperkuat silaturahmi dan kesolidan diantara civitas akademik Prodi Manajemen Dakwah. Kegiatan yang dilaksanakan di pintu air daerah lintas timur Panyabungan. Para peserta disuguhkan keindahan alam yang asri, terhampar aliran sungai yang jernih mengalir deras sehingga suasana menjadi alami. Disamping kanan kiri pepohonan yang rindang menjadikan udara segar disaat kegiatan dilaksanakan pagi hari pukul 10.00 WIB di hari sabtu tanggal 27 April 2024.

Bedah buku yang menghadirkan pembicara Bapak Edi Junaidi M.Si dengan buku yang berjudul Pengelolaan Lingkungan Hidup di tulis oleh Prof.Dr.Ir, Karden Eddy Sontang Manik, MS. Pemaparan Bedah buku tersebut Edi menjelaskan bahwa pentingnya kita peduli terhadap alam dan lingkungan kita. Dalam konteks Mandailing Natal yang kini lagi marak diperbincangkan oleh masyarakat adalah fenomena Pertambangan Emas Tanpa Izin. Kegiatan ilegal tersebut dikhawatirkan bisa merusak lingkungan yang berdampak bagi keselamatan hidup masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Ketua HMPS Manajemen Dakwah Mhd Alfarizi Sitompul, eksistensi HMPS MD sesungguhnya untuk menaungi ide-ide mahasiswa dalam berkreasi. Karena sesunguhnya seorang mahasiswa bisa menjadi agen perubahan di masyarakat. Dengan kegiatan bedah buku ini bisa bermakna untuk membuka cakrawala kita. Begitu juga sambutan dari Ketua Prodi Manajemen Dakwah, Dr. Datuk Imam Marzuki MA, dengan tiga tema yang diangkat, pertama Halal bihalal merupakan suatu keniscayaan karena masih dalam suasana syawal. Bisa jadi diantara civitas akademik Prodi MD ada kekhilafan dalam berinteraksi, momentum ini kita saling bermaafan.

Kedua, kegiatan bedah buku ini merupakan budaya yang diwariskan oleh para ulama dan cendikiawan Islam. Ini harus dijaga, apalagi budaya literasi sudah mulai ditinggalkan oleh mahasiswa dikarenakan adanya browsing google. Mahasiswa tinggal copy paste artikel dari internet untuk dipindahkan menjadi tugas makalahnya. Ketiga, strategi perekrutan mahasiswa baru merupakan keniscayaan untuk mendongkrak akreditasi prodi. Dengan melibatkan mahasiswa untuk mengajak adik-adiknya dari pesantren agar mau bergabung di kampus STAIN Mandailing Natal terutama di Prodi Manajemen Dakwah. Perlu usaha yang serius dari seluruh civitas akademik baik dosen, tendik maupun mahasiswa.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :