Berita / Kemahasiswaan

HMPS Manajemen Bisnis Syariah Gelar Acara Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Tema "Menelusuri Jejak Dagang Rasulullah SAW"

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 08 Oktober 2024


Panyabungan - 8 Oktober 2024. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Bisnis Syariah STAIN Mandailing Natal menggelar acara bertema "Menelusuri Jejak Dagang Rasulullah SAW". Acara yang berlangsung di aula kampus ini bertujuan untuk menginspirasi para mahasiswa dan peserta mengenai etika dan strategi bisnis yang diajarkan Rasulullah SAW, serta relevansinya dalam dunia bisnis modern Jum'at, 04/10/2024.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama STAIN Mandailing Natal, Irma Suryani, M.A. Beliau menyampaikan pentingnya mengambil teladan dari kehidupan Nabi Muhammad SAW, terutama dalam hal perdagangan yang dikenal sangat jujur, amanah, dan adil.

Acara ini juga menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidang bisnis syariah, yang membahas lebih dalam mengenai cara Nabi Muhammad SAW berdagang dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut bisa diterapkan di era sekarang. Salah satu pembicara, Ustadz Dr. Ahmad Fauzi, menyampaikan bahwa keberhasilan Nabi Muhammad dalam perdagangan bukan hanya karena keterampilannya, tetapi juga karena beliau selalu menjaga nilai-nilai kejujuran dan keadilan dalam setiap interaksi bisnis.

"Rasulullah SAW mengajarkan kita bahwa kesuksesan bisnis yang sejati tidak hanya diukur dari keuntungan finansial, tetapi juga dari kepercayaan dan keberkahan yang diperoleh. Itulah yang harus kita pegang sebagai pelaku bisnis Muslim," ujar Ustadz Hasanuddin Lubis.

Salah satu momen puncak dalam acara ini adalah hiburan religi berupa pembacaan Barzanji, sebuah tradisi pembacaan pujian dan sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, yang diiringi dengan alunan musik Islami. Hiburan ini berhasil membawa para hadirin masuk dalam suasana yang penuh dengan rasa syukur dan cinta kepada Rasulullah SAW.

Setelah rangkaian acara Maulid Nabi Muhammad SAW, acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari pengurus HMPS Manajemen Bisnis Syariah periode lama kepada pengurus yang baru. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dikemas dengan serah terima jabatan pengurus ini menjadi simbol kesinambungan perjuangan dan pengabdian, di mana nilai-nilai luhur Rasulullah terus menjadi pegangan dalam menjalankan tugas organisasi.

Ayo Semangat ! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :