Berita / Kemahasiswaan

Ka Mabigus Gerakan Pramuka STAIN Mandailing Natal Kukuhkan Pengurus Dewan Racana Sutan Diaru-Sari Andung Jati

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 24 November 2022


Panyabungan - 24 November 2022. Gugus Depan merupakan satuan terdepan pembinaan kaum muda di lingkungan. Gerakan Pramuka merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan pembinaan karakter kaum muda, khususnya di lingkungan satuan Pendidikan.

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina) sebagai lembaga pendidikan sekolah tinggi memiliki Unit Kegiatan Kampus (UKK) Pramuka Dengan Racana Sutan Diaru pada Pramuka Putra dan Suri Andung Jati pada Pramuka Putri. Pramuka sampai saat ini masih merupakan satu-satunya UKK yang dimiliki oleh kampus. Pramuka STAIN Madina aktif melakukan berbagai kegiatan pramuka tingat daerah maupun nasional. Sebagai bentuk pengembangan dan peningkatan dalam program tersebut, maka Pramuka STAIN Madina laksanakan pelantikan Pengurus Dewan Racana Sutan Diaru-Sari Andung Jati pada Rabu, (23/11) di Gedung Serbaguna. Pelantikan ini bertepatan dengan dilantiknya Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Gugus Depan Gerakan Pramuka STIAN Mandailing Natal di waktu yang beriringan.

Pengukuhan ditandai dengan pembacaan Naskah Ikrar dan pelantikan Pengurus Dewan Racana Sutan Diaru-Suri Andung Jati Gugus Depan STAIN Mandailing Natal. Upacara pengukuhan dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Ka Mabigus) Pramuka STAIN Mandailing Natal, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag (Ketua STAIN Madina).

Pelantikan ini juga disaksikan langsung oleh Ka.Kwarcab Gerakan Pramuka Mandailing Natal, Drs. Lismulyadi Nasution, M.M. yang ditemani sejumlah unsur Pimpinan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mandailing Natal.

Ka Mabigus STAIN Mandailing Natal, dalam sambutannya mengajak kepada para pembimbing, Dewan Pengurus Racana dan peserta Pramuka STAIN Mandailing Natal untuk ikut serta dalam pengembangan kepramukaan, sehingga melalui gerakan pramuka akan membangun karakter bangsa.

Beliau juga berharap para peserta pramuka dapat menjadikan program ini sebagai wadah dalam mengembangkan bakat masing-masing. Karena sejatinya pramuka hadir untuk memberikan efek positif kepada masyarakat dan bangsa melalui jiwa patriotik yang ditanamkan kepada para pesertanya.

Sebagai Informasi, pelantikan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua II STAIN Madina Dr. Kasman, M.A selaku Mabigus beserta para pembina yang terdiri dari Parulian Siregar, M.Pd. (Ketua Gugus Depan 05.301), Nur Hamidah Pulungan, M.TH. (Ketua Gugus Depan 05.302), Liantha Adam Nasution, S.H.I., M.H. (Pembina Pandega Putra) dan Fuji Pratami, M.Pd. (Pembina Pandega Putri). Dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mandailing Natal turut hadir Ketua Lembaga Pengurus Keuangan (LPK) Pramuka Mandailing Natal, Kak Mahyudin Rangkuti ditemani oleh Wakabina muda dan binawasa, bendahara, Andalan Kwarcab Mandailing Natal.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :