Berita / Prestasi

Kembangkan Ekonomi Berbasis Syariah; Dosen STAIN Madina Dirikan Koperasi Syariah

Humas - 12 Agustus 2020


Panyabungan – Pada hari Selasa (11/08/2020) Koperasi Syariah STAIN Mandailing Natal resmi menerima Pengesahan Pendirian Badan Hukum dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Pengurus Koperasi Syariah menyampaikan bahwa badan hukum untuk koperasi ini telah diajukan ke notaris Idawati Harahap, S.H., M.Kn, beberapa hari yang lalu.

Azizatur Rahmah, M.E., selaku Bendahara Koperasi menyampaikan bahwa Surat Keputusan dengan NOMOR AHU-0004543.AH.01.26.TAHUN 2020 ini, sudah di tandatangani pejabat berwenang pada tanggal 06 Agustus 2020. Namun baru saat ini bisa diterima oleh pengurus koperasi.

Koperasi Syariah STAIN Mandailing Natal telah dibentuk beberapa waktu yang lalu. Anggota koperasi merupakan seluruh keluarga besar kampus STAIN Madina (Dosen, Staf, dan Pramubakti). Para anggota koperasi menunjuk beberapa orang sebagai pengurus untuk mengelola usaha-usaha yang akan dikembangkan.

Faisal Affandi, M.E.I, Direktur Koperasi Syariah menyampaikan bahwa telah dibentuk beberapa unit usaha di koperasi.

“Sekarang kita sudah membentuk tiga unit di koperasi syariah, unit usaha dan dagang, unit simpan pinjam, dan unit ZISWAF. Sampai saat ini unit usaha dan dagang sudah berjalan dengan baik, beberapa dosen sudah belanja kebutuhan sembako, khususnya beras di koperasi kita” jelas beliau

Beliau juga menyampaikan bahwa untuk unit ZISWAF (zakat, infak, sedekah, dan wakaf) sudah mulai di launching pada awal Agustus dan beberapa dosen sangat menyambut baik dan mengeluarkan zakatnya pada unit ZISWAF. Sedangkan unit simpan pinjam akan diluncurkan sekitar bulan September 2020.         

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S, memberikan apresiasi atas kerja keras seluruh pengurus Koperasi Syariah. Beliau berharap bahwa kehadiran Koperasi Syariah di Kampus STAIN Madina dapat menjadi rujukan nantinya.

Untuk informasi, bahwa para Dosen STAIN Mandailing Natal telah bersepakat untuk mendirikan koperasi di lingkungan kampus. Selain bertujuan untuk mengembangkan ekonomi umat, kehadiran koperasi ini juga diharapkan sebagai tempat praktikum untuk para mahasiswa dari beberapa Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam. Ayo Semangat! STAIN menuju IAIN. (Tim Humas)

 

Share To :