Berita / Prestasi

Dosen Bahasa Arab STAIN Madina Peringati Hari Bahasa Arab se-Dunia di Pondok Pesantren Yang Ada di Mandailing Natal

Humas - 28 Desember 2019


Panyabungan, Rabu, 18 Desember 2019, adalah bertepatan dengan peringatan hari bahasa Arab se-Dunia (World Arabic Language Day). Menurut sejarah, diakuinya18 Desember sebagai hari bahasa Arab se-Dunia karena bertepatan pada tanggal 18 Desember tahun 1973  UNESCO untuk pertama kalinya mengakui bahasa Arab sebagai bahasa Internasional kedua, setelah Bahasa Inggris. 

Dalam rangka merayakan dan memeriahkan peringatan hari bahasa Arab tersebut, segenap dosen bahasa Arab STAIN Madina menyempatkan diri berkunjung ke Pesantren yang ada di Kabupaten Madina dengan membawa spanduk  yang disponsori oleh BNI dan BSM Panyabungan. Acara seminar bertemakan “ Membudayakan Bahasa Arab di Bumi Gordang Sembilan” merupakan ajang silaturrahim dengan ponpes yang ada di kabupaten Madina. Diantara Ponpes yang dikunjungi adalah Ponpes Rihanul Jannah  yang beralamat di Maga, dan Ponpes Al-Mandily di Pasar Lama, Panyabungan. 

Kedatangan para dosen yang tergabung dalam Ittihadul mudarrisi Al-Lughah al- Arabiyah (IMLA) mendapat sambutan hangat dari guru-guru Ponpes dan para santri. Dari 17 orang dosen bahasa Arab, 7 orang mewakili ke Pesantren Rihanul Jannah bersama Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Khairul Fuadi, M.Hum. dan ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Saifuddin Ritonga, M.Pd. Sedangkan rombongan lainnya menuju Ponpes Al-Mandily, yaitu 7 orang dosen bahasa Arab didampingi Kepala  Unit Pengembangan Bahasa, Dra. Hj. Afrida, M.A dan ketua IMLA Komisariat STAIN Mandailing Natal, Rahmad Linur, M.Pd. 

Ketua STAIN Madina, Dr. Torkis Lubis, D.E.S.S. memberi izin sekaligus surat tugas untuk para dosen dalam rangka melakukan sosialisasi dan pelatihan bahasa Arab ini. Beliau yang juga merupakan salah seorang dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab menyampaikan salam melalui Ka. Prodi dan ketua IMLA untuk disampaikan kepada keluarga besar Ponpes yang dikunjungi berhubung beliau sedang dinas luar kota.

Dalam acara seminar dan pelatihan bahasa tersebut, pimpinan Ponpes Rihanul Jannah Ustaz Abdul Malik Roihan, diwakili Ustaz Adli dalam sambutannnya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga. Pelatihan bahasa Arab yang diadakan sangat bermanfaat dan mampu meningkatkan motivasi santri untuk mengasah kemampuan bahasa Arab mereka. Seluruh santri yang berjumlah kurang lebih 500 orang di Ponpes ini terlihat antusias mengikuti dan menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan pemateri. Semangat para santri semakin bertambah manakala diselingi dengan pembagian dorprize bagi yang berani tampil berbahasa Arab. Tidak lupa Ketua Prodi PBA dan BSA mempromosikan prodinya untuk menjadi pilihan para santri nantinya dalam melanjutkan studi S-I.

Di tempat terpisah, susasana di  Ponpes Al-Mandily tidak kalah meriah. Guru-guru dan para santri menyambut rombongan dosen dengan ramah dan penuh kekeluargaan. Seminar dan pelatihan bahasa yang dilangsungkan di labor bahasa ini berjalan lancar dan penuh semangat. Ketua IMLA Komisariat STAIN Madina, Rahmad Linur, M.Pd turut memberi motivasi belajar bahasa Arab  dan promosi prodi PBA dan BSA kepada santri  kelas XII. Kemudian  acara ditutup dengan foto bersama guru dan para santri di halaman gedung sekolah.

Peringatan hari bahasa arab se-Dunia untuk pertama kalinya dilakukan oleh segenap dosen Prodi PBA dan BSA STAIN Madina meninggalkan kesan mendalam bagi para dosen dan santri. Harapan ke depan,  semoga peringatan hari bahasa arab se-Dunia di tahun berikutnya akan lebih meriah dan bermanfaat, serta melibatkan seluruh Ponpes  yang ada di Mandailing Natal. (Humas/ Rita)

Share To :