Berita / Akademik

Ketua Beserta Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Madina Hadiri Sidang Kelulusan UM-PTKIN 2023

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 19 Juni 2023


Panyabungan - Senin, 19 Juni 2023. Sidang kelulusan UM-PTKIN 2023 resmi dibuka. Sidang direncanakan akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 19 hingga 21 Juni 2023. Agenda tersebut dilaksanakan di Merlynn Park Hotel Jl. KH. Hasyim Ashari No.29 - 31, Kecamatan Gambir, Jakarta.

Sidang tersebut dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdani, S.Tp., M.T. Pembukaan acara dihadiri oleh Dirketur PTKI Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag beserta seluruh Rektor/Ketua dan Wakil Rektor/Ketua I PTKI se-Indonesia.

Direktur PTKI, Prof. Ahmad Zainul Hamdi dalam sambutannya mengatakan bahwa PTKI sebagai penciri studi keislaman harus mampu berdiri sejajar dengan perguruan tinggi lainnya dalam menyiapkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing. 

"Ajang olimpiade (OASE) yang baru saja dilaksanakan merupakan event penjaringan dari bawah untuk menghimpun talenta mahasiwa kita turut serta dalam kegiatan event internasional yang lebih bergengsi." Ungkap beliau.

Selian itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. M. Ali Ramdani dalam arahannya menyampaikan bahwa Eksistensi Perguruan Tinggi Keagamaan itu mencirikan USTAD; yaitu singkatan dari Ushuluddin (U), Syariah (S), Tarbiyah (T), Adab (A) dan Dakwah (D) sebagai mandatory yang harus diwujudkan. Karena itu, menurut beliau setiap mahasiswa harus memahami kelima hal ini, karena kelima Fakultas itu yang merupakan DNA PerguruanTinggi Keagamaan Islam. 

"Mahasiswa PTKI itu harus memahami (Ushuluddin) sebagai pondasi dan keagamaan yg memuat nilai-nilai ketuhanan. Dibekali dgn kefahaman akan hukum (Syari'ah) melalui proses pengajaran (Tarbiyah) sepanjang hayat yang tercermin dalam (Adab) dan ketinggian moral dalam bersosial dan terus menebar rahmat untuk sekalian alam dalam penyampai pesan (Dakwah)" jelas Beliau.

Sebagai informasi, Pada pembukaan sidang kelulusan UM-PTKIN kali ini, Ketua STAIN Mandailing Natal Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag hadir bersama Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Madina H. Dedisyah Putra, M.A.,Ph.D. Dalam kegiatan pembukaan itu juga Ketua STAIN Madina ditunjuk panitia untuk memimpin doa demi kelancaran acara hingga selesai.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :