Berita / Kampus

KPI STAIN Madina Bersama KPI UIN Ar-Raniry Tingkatkan Kolaborasi Lewat Visiting Lecture Bertema Media dan Budaya

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 20 Februari 2024


Panyabungan – Selasa, 20 Februari 2024. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAIN Mandailing Natal menjalin kemitraan yang erat dengan Prodi KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry melalui acara Visiting Lecture bertema "Media dan Budaya". Kegiatan yang diselenggarakan di aula FDK UIN Ar-Raniry pada Selasa, 20 Februari 2024, menjadi wujud nyata dari kolaborasi antara dua program studi yang memiliki fokus serupa.

Dalam acara tersebut, narasumber utama, Dr. Datuk Imam Marzuki, MA, salah seorang Dosen KPI STAIN Madina yang sekarang juga menjabat sebagai Kaprodi Manajemen Dakwah, memberikan paparan materi yang mengupas tentang sejarah dan pentingnya mempertahankan identitas daerah. Dr. Datuk Imam Marzuki mengajak peserta untuk tidak melupakan "bahasa" mereka sendiri sebagai upaya mempertahankan identitas daerah.

"Sejarah memiliki peran penting dalam membangun identitas suatu daerah. Saya mengajak semua peserta untuk tidak malu dengan bahasa kita sendiri, karena itu merupakan bagian dari identitas dan kultur kita. Perhatikan kemiripan-kemiripan, seperti batu makam di desa, yang mengindikasikan adanya hubungan baik itu dalam konteks kerabat, identitas, dan aspek lainnya," ungkap Dr. Datuk Imam Marzuki.

"Media massa dapat membentuk keragaman di tengah masyarakat. Hal tersebut terjadi akibat pemberitaan secara kontiniu dapat menyebabkan seseorang mengalami perubahan dalam hal sistem nilai, pikiran, tindakan manusia dan keseharian masyarakat. Maka  ini juga perlu pencerahan bagi pemuda, begitu pentingnya sejarah sebagai pelajaran untuk dijadikan pelajaran dan hikmah. Terkhusus peninggalan makam para aulia yang juga kebanyakan ikut memperjuangkan bangsa dari serangan negara penjajah"Tambahnya.

Ketua Prodi KPI STAIN Madina Dr. Marlina, M.A mengatakan agenda ini sebagai wujud nyata akan tindak lanjut MoA yang telah dilakukan. 

“Kita harapkan berbagai kegiatan dapat kita laksanakan bersama demi terciptanya kolaborasi dalam rangka meningkatkan pendidikan bagi mahasiswa kita” ungkap Dr. Marlina.

Ketua Prodi KPI UIN Ar-Raniry, Syahril Furqany, M.I.Kom, menyambut antusias kegiatan ini dan menyatakan bahwa kerjasama dengan Prodi KPI STAIN Mandailing Natal membawa manfaat besar dalam pengembangan bidang media dan budaya. Acara Visiting Lecture ini juga dihadiri oleh sejumlah peserta dari berbagai jurusan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, termasuk beberapa dosen yang turut meramaikan diskusi.

"Kami berharap kerjasama ini tidak hanya menjadi satu-satunya kegiatan, tapi bisa terus berkembang dalam bentuk program-program lain yang bermanfaat bagi kedua belah pihak," tambah Syahril Furqany.

MoA yang telah dilaksanakan semoga dapat memberikan jalan bagi Prodi KPI STAIN Madina dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk dapat mengembangkan inovasi, riset, dan pengajaran dalam bidang media dan budaya Islam, serta memberikan kontribusi dan dampak positif bagi peningkatan mutu Thridharma Perguruan Tinggi pada masing-masing prodi.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :