Berita / Kampus

Olimpiade Sains & Seni Nasional ( OSAS ) 2 Program Studi PGMI di STAIN Mandailing Natal Tahun 2024 Sukses dan Meriah

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 28 Februari 2024


Panyabungan - Rabu, 28 Pebruari 2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah  (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri  Mandailing Natal (STAIN Madina) menggelar Olimpiade Sains & Seni Nasional (OSAS) ke-II Tingkat SD, SMA sederajat dan Mahasiswa. Acara pembukaan berlangsung di halaman Gedung Perpustakaan STAIN Madina pada Rabu 28 Februari 2024.

Pada acara tersebut turut hadir Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Dedisyah Putra, M.A, Kepala Bagian Administrasi Umum dan Keuangan Irfan Mustofa SE., MA, Koordinator Humas Juli Ahmad M.Pd.I, Ketua  Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Parulian Siregar M.Pd, Sekretaris Prodi Rahmi Seri Hanida M.Pd  dan  Seluruh Dosen Prodi PGMI serta Para Undangan dan para Peserta Olimpiade. 

Sebelum Acara Olimpiade di buka Ketua Prodi PGMI Parulian Sirsgar M.Pd Berkesempatan Memberikan sambutan kepada seluruh peserta dan Undangan yang hadir di STAIN Mandailing Natal. Sedikit tambahan dari ketua Prodi berkaitan dengan Sejarah Jurusan PGMI. Beliau menuturkan Prodi PGMI akan berubah menjadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

"Dan 2 tahun berturut-turut, Prodi PGMI mendapat Mahasiswa terbanyak dari seluruh Prodi yang lain dan memiliki pendaftar terbanyak." Ungkapya.

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua STAIN Madina Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag. Beliau mengatakan bahwa seseorang dapat meningkatkan prestasi melalui proses berpikir yang optimis. Ini bisa berasal dari pembelajaran di lingkungan atau perubahan pikiran yang baik di terapkan terhadap orang ,keadaan, peristiwa atau prilaku.

“Minat dan bakat sendiri penting untuk dipahami setiap individu. Oleh karena itu, penting bagi kita mengetahui manfaat mengenali dan cara mencari tahu minat dan bakat dalam diri kita. Mengenali minat dan bakat memiliki banyak manfaat tersendiri. Manfaat pertama adalah Mempermudah menentukan tujuan yang akan dicapai. Peran penting dalam kehidupan manusia, dimainkan oleh adanya minat dan bakat disemua kelompok usia yang berpengaruh pada perilaku dan sikap, hal ini terjadi terutama pada anak usia dini. Oleh karena itu, dengan kita mengenali dan mengembangkan minat dan bakat, maka kita akan dengan mudah meraih tujuan yang diinginkan” Ujar beliau.

Sebagai Informasi Ada beberapa jenis Cabang lomba yang digelar yaitu:

I.Tingkat SD/MI

 - Olimpiade Matematika & IPA

 - Siroh/Dongeng Islami

II.Tingkat SMA/MA/SMK Sederajat

 - Pop Solo (Lagu Mandailing )

 - Tari Kreasi ( Sumatera Utara )

 - SMA Olimpiade Sains dan Ilmu Sosial 

III.MAHASISWA (Seleksi Online & Final 5 Besar Offline)

 - Karya Tulis Ilmiah (Tema :Kurikulum Merdeka Menuju Generasi Emas SD/MI)

 - InovasiI Media Pembelajaran (Sintesis)

 - Inovasi Teknologi dan Kebudayaan

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas

Share To :