Berita / Kampus

P2M STAIN Madina Gelar Workshop RBKD dan LBKD

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 18 Maret 2021


Panyabungan – Kamis, 18 Maret 2021. Pusat Penjaminan Mutu (P2M) STAIN Madina menggelar kegiatan workshop Pengisian Rencana Beban Kerja Dosen (RBKD) dan Laporan Beban Kerja Dosen (LBKD). Kegiatan ini bertujuan untuk sharing dan mensosialisasikan tata cara pengisian dan pelaporan BKD.

Acara workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua I, Dr. H. Kasman, M.A., dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan workshop terkait RBDK dan LBDK merupakan kebutuhan semua dosen.

“laporan beban kinerja dosen merupakan bagian dari kewajiban kita sebagai dosen, walaupun untuk saat ini masih diprioritaskan bagi yang sudah memiliki sertifikat pendidik” kata beliau

Pada kesempatan itu juga, Kepala P2M STAIN Madina, Nanang Arianto, M.A., menyampaikan terimakasihnya kepada narasumber dan dukungan dari unsur pimpinan sehingga acara workshop dapat terselenggara dengan baik. 

Dalam kegiatan ini, P2M menghadirkan Ketua LPM IAIN Padangsidimpuan, Drs. H. Samsuddin, M.Ag., serta rombongan LPM, yaitu Ahmatnijar, M.Ag., Fauzi Rizal, M.A., dan Safriadi Hasibuan, S.Pd.I.

Drs. Samsuddin, M.Ag., menjelaskan bahwa jika ada dosen yang telah memiliki sertifikat pendidiknya di kampus lama sebelum menjadi PNS dan sudah pernah dibayarkan, maka kampus homebase baru dosen PNS tersebut harus mengakomodir untuk pembayaran tunjangan profesinya.

“perlu kita ketahui bahwa regulasi dosen PNS yang sudah mendapatkan sertifikat pendidik di kampus lamanya sebelum menjadi PNS, maka PTKIN tempat homebase barunya harus mengakomodir untuk pembayaran tunjungan profesi dosen tersebut jika sudah pernah dibayarkan oleh kampus lamanya (swasta). Papar beliau

Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa kelebihan sks mengajar seorang dosen berdasarkan anggaran kampus. Namun, beliau juga mengatakan bahwa pernah juga kelebihan sks mengajar dosen tidak dibayarkan karena terbatasnya anggaran.

Kemudian, beliau juga menjelaskan secara detail teori-teori terkait tata cara pengisian aplikasi laporan beban kinerja dosen, sedangkan secara praktik dipandu oleh Sekretaris LPM, Ahmatnijar, M.Ag.

Pada akhir penyampaiannya beliau menekankan untuk membuat siklus penjaminan mutu sebuah kampus harus mampu berputar dengan baik. Mampu mengahadirkan mutu akademik, mutu pengelolaan dan mutu SDM.

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., memberikan apresias kepada tim p2m STAIN Madina terkait penyelenggaraan workshop RBKD dan LBKD. Beliau berharap bahwa kegiatan tersebut dapat menambah informasi dan mencerahkan seluruh dosen STAIN Madina.

Hadir dalam kegiatan ini unsur pimpinan STAIN Madina, Wakil Ketua I, Dr. H. Kasman, M.A., Wakil Ketua III, Dr. H. Kohar, M.M., Kabag AUAK, Irfan Mustofa, M.A., P3M, SPI, Kasubbag, UPT, Humas dan para dosen.

Sebagai informasi bahwa seluruh rangkain acara dipandu oleh Tim P2M STAIN Madina, Jureid, M.E.I., Novebri, M.Pd., Muhammad Danil, M.H., Jhon Tyson Pelawi, M.H., dan Ahmad Faisal, M.H.I.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :