Berita / Kampus

Pedagogi Kontekstual dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Sebuah Kerangka Kerja untuk Pendidikan Islam

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 04 Oktober 2024


Padang – 04 Oktober 2024. Dr. H. Kasman, S.Pd, MA, berkesempatan menjadi Narasumber di Kegiatan Visiting Lecture yang diadakan antara Prodi PAI STAIN Mandailing Natal dengan Prodi PAI UIN Imam Bonjol Padang. Sebagai dosen pengampu mata Kuliah Manajemen dan Supervisi Prodi PAI, beliau mengangkat tema Manajemen Diri, untuk menjadi Guru PAI yang Inovatif. Dimulai dari pemberian motivasi hingga bagaimana mahasiswa bertindak dalam bekerjasama. "Sesungguhnya kuliah itu bukan untuk Sarjana, namun salah satu cara untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik kedepannya" jelas kasman.

"Calon Guru PAI harus menguasai ilmu Pedagogi kontektual, yang mana Pedagogi kontekstual mengacu pada pendekatan pengajaran yang berfokus pada relevansi materi ajar dengan kehidupan nyata siswa dan lingkungan sosial-budaya mereka. Tujuannya adalah agar pembelajaran lebih bermakna dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks ini, materi pengajaran bahasa Inggris bukan hanya milik Jurusan Bahasa Inggris saja, dan pengajaran bahasa Inggris tidak hanya diajarkan sebagai keterampilan linguistik semata, tetapi juga dikaitkan dengan realitas dan nilai-nilai yang familiar bagi siswa, seperti aspek-aspek keislaman yang penting dalam kehidupan mereka" papar Kasman selaku pemateri saat pemberian materi di kegiatan yang berlangsung di Aula FTK UIN Imam Bonjol.

Lebih lanjut beliau memberikan penekanan bahwa Definisi Pedagogi Kontekstual: Sebuah pendekatan pendidikan yang menekankan keterkaitan antara materi ajar dengan pengalaman hidup, budaya, dan latar belakang siswa. Adapun tujuan nya adalah Mengembangkan kompetensi bahasa Inggris yang relevan dengan konteks lokal, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna, aplikatif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di lembaga pendidikan Islam.

Adapun peserta pada kegiatan visiting lecturing ini adalah mahasiswa HMPS dari kedua Program Studi. Kegiatan Visiting Lecture ini merupakan kegiatan lanjutan Perjanjian Kerjasama antara Prodi PAI STAIN Mandailing Natal dan Prodi PAI UIN Imam Bonjol. Satu_tekad_pai_unggul

Ayo Semangat ! STAIN MADINA Menuju IAIN.(Tim Humas)

Share To :