Berita / Prestasi

Pelaksanaan KKL Mahasiswa Tuntas; P3M STAIN Madina Mulai Agendakan Pemetaan Pengabdian Ke Desa-Desa Binaan

Humas - 28 Agustus 2020


Panyabungan - Pada hari Kamis (27/08/2020) kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa STAIN Mandailing Natal telah berakhir. Sejumlah Dosen Pamong dan panitia menjemput mahasiswa KKL dari 30 titik lokasi penempatan. Adapun sebaran desanya ada pada 4 Kecamatan (Natal, Batang Natal, Lingga Bayu, dan Ranto Baek).

Sesuai dengan informasi yang diberikan oleh Plt. Kepala P3M STAIN Madina, Muhammad Irsan Barus, M.Pd bahwa pelaksanaan KKL ini dimulai dari tanggal 14/07/2020 s.d 27/08/2020.

“Kalau dari proses dan perencanaan KKL ini sebenarnya mulai maret, namun karena masih ada pandemic covid-19 terjadi tarik ulur. Alhamdulillah karena kita di Mandailing Natal masuk kategori zona hijau akhirnya gugus covid dan kesbangpol memberikan izin untuk KKL mandiri. Semua berjalan dengan lancar mulai dari awal sampe akhir” tutur beliau

Irsan menambahkan bahwa tantangan untuk Kampus STAIN ke depan terkait pelaksanaan KKL ini tentu semakin berat. Karena masih banyak kecamatan dan desa yang belum bisa terpenuhi untuk mengirim mahasiswa KKL, sementara mereka telah beberapa kali menyampaikan permohonan kepada STAIN.

“Alhamdulillah respon masyarakat luar biasa kepada kita. Namun karena keterbatasan jumlah mahasiswa ya belum bisa kita penuhi semua permintaan. Kalau secara umum responnya sangat positif, ada juga satu dua tempat untuk kedepannya kita jadikan bahan evaluasi. P3M juga akan merencanakan pemetaan untuk desa-desa binaan” tambahnya

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. H. Kasman, M.A selaku Wakil Ketua membidangi akademik dan kelembagaan bahwa pelaksanaan KKL ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Mandailing Natal. Karena mengingat masih banyak medan lokasi yang belum pernah tersentuh oleh kampus lain.

Pada pelaksanaan kegiatan KKL ini, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S, ketika memonitoring beberapa bentuk aktivitas mahasiswa di lapangan, beliau memberikan apresiasi atas kreativitas yang dimunculkan oleh para mahasiswa. Beliau berharap kehadiran mahasiswa KKL di tengah-tengah masyarakat dapat menjadi inspirasi positif dan agen of change.

Ayo Semangat! Kampus STAIN menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :