Berita / Kampus

Perdana! Sejumlah Prodi Baru STAIN Madina Laksanakan PPL, Dr. Dedisyah Putra, M.A.: Kita Optimalkan Pembekalan Bagi Mahasiswa

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 11 Januari 2023


Panyabungan - Rabu, 11 Januari 2023. Sebagai bentuk aplikasi keilmuan di Masyarakat, Mahasiswa STAIN Mandailing Natal akan melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun 2023 yang bertemakan “Mewujudkan Pengembangan Kompetensi dan Aktualisasi Keilmuan Mahasiswa yang Berkarakter Profesional” yang akan dilangsungkan dari tanggal 16 Januari - 9 Maret 2023. Ini merupakan PPL pertama Mahasiswa STAIN Mandailing Natal bagi sejumlah besar prodi baru. Sebelum dimulainya kegiatan PPL, STAIN Mandailing Natal melakukan pembukaan pembekalan PPL yang diselenggarakan pada hari ini Rabu, (11/1) bertempat di gedung Serbaguna STAIN Mandailing Natal.

Kegiatan pembekalan PPL dibuka secara resmi oleh Dr. H. Dedisyah Putra, M.A selaku Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan sekaligus Ketua Panitia PPL STAIN Mandailing Natal Tahun Akademik 2022-2023. Ditemani oleh Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Keuangan Dr. H. Kasman, M.A, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Irma Suryani Siregar, M.A dan Kabag Administrasi Umum Akademik dan Keuangan Irfan Mustafa, S.E., M.A. serta Kepala Laboratorium Syari'ah Ekonomi dan Bisnis Islam Akhyar, M.H dan Kepala Laboratorium Tarbiyah, Ushuluddin dan Dakwah Liantha Adam Nasution, S.H.I., M.H.

Dalam pembukaannya, Dr. Dedi menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 11 hingga 13 Januari 2023 dengan pembagian peserta; dihari pertama Mahasiswa Prodi dari rumpun Syari'ah, Ushuluddin, Adab dan Dakwah dan hari kedua peserta dari Prodi rumpun Tarbiyah sedangkan hari ketiga Mahasiswa Prodi dari rumpun Ekonomi dan Bisnis Islam. Beliau menambahkan STAIN Madina menyiapkan12 orang pemateri baik dari dalam maupun luar kampus yang ahli di bidang masing-masing.

Total peserta PPL STAIN Mandailing Natal berjumlah 380 peserta yang tersebar ke sejumlah instansi pemerintah dan swasta di daerah Mandailing Natal. Diantaranya Kementerian Agama, Kemenkumham, Perbankan, Perkantoran, Sekolah-sekolah dan lain-lain.

Dalam pembukaan tersebut, Dr. Dedi berpesan kepada para mahasiswa PPL untuk dapat mengimplementasikan keilmuannya di lokasi PPL masing-masing sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Beliau juga meminta mahasiswa untuk mengaktualisasikan setiap materi yang diberikan oleh para pemateri dalam pembekalan ini agar PPL dapat berjalan dengan lancar. Beliau juga mengharapkan agar mahasiswa PPL selalu menjalin komunikasi secara aktif dengan DPL dan Pamong selama melaksanakan kegiatan guna meminimalisir masalah yang mungkin nantinya akan dihadapi.

Dalam pembukaan dan pembekalan mahasiswa antusias dalam mengikuti kegiatan. Materi juga disampaikan secara lugas dan interaktif oleh para pemateri.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :