Berita / Kampus

Pimpin Upacara Hari Santri Nasional 2023, Ketua STAIN Madina Prof. Sumper Mulia Harahap : Mari Dalami Nilai Santri

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 22 Oktober 2023


Panyabungan – Minggu, 22 Oktober 2023. Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina) berlangsung khidmat. Mengangkat Tema tahun ini “Jihad Santri Jayakan Negeri”, acara digelar di Lapangan STAIN Madina, Minggu (22/10).

Memakai pakaian khas santri lengkap dengan sarung, berbaju putih dan memakai peci hitam bagi laki-laki, upacara dihadiri oleh seluruh Unsur Pimpinan, Dosen, Pegawai dan sebahagian mahasiswa STAIN Madina.

Pada kesempatan itu, Ketua STAIN Madina prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag bertindak sebagai inspektur upacara. Seluruh peserta upacara dengan khusyu’ mendengarkan amanat yang beliau sampaikan.

Sesuai amanat yang disampaikan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, bahwa Hari Santri ditetapkan tanggal 22 Oktober melalui Keputusan Presiden Nomor 22  Tahun 2015. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya  “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi  mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dalam hal ini, Prof. Sumper Mulia Harahap mengajak para hadirin untuk mendalami kembali nilai-nilai santri untuk menumbuhkan daya juang yang tinggi dan berkontribusi bagi negeri. Setidaknya ada 4 nilai santri yang harus dimiliki; Nilai budi pekerti, memiliki badan yang sehat, memiliki pengetahuan yang luas dan berfikir untuk membangun dan memperjuangkan bangsa sebagai bagian dari jihad santri.

Komitmen ini sesuai dengan salah satu bagian dari ikrar santri; Bertanah air satu, tanah air Indonesia; berideologi negara satu, ideologi Pancasila; berkonstitusi satu, Undang-Undang Dasar 1945; dan berkebudayaan satu, Bhinneka Tunggal Ika.

“khususnya yang terakhir, budaya Bhineka Tunggal Ika mengajarkan kepada kita bagaimana memiliki nilai dan pemahaman tentang toleransi, keragaman dan juga pluralitas yang ada pada bangsa kita ini” ucap Prof. Sumper Mulia Harahap.

Beliau berharap dengan adanya Hari Santri Nasional, kita dapat mengenang kembali dan memperkokoh jihad santri untuk menjayakan negeri ini.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :