Berita / Akademik

Praktikum di KUA Siabu, Mahasiswa Prodi HES STAIN Madina Bantu Sertifikasi Tanah Wakaf

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 13 Februari 2021


Panyabungan – 13 Februari 2021. Mahasiswa STAIN Madina yang melaksanakan Praktikum disejumlah Kantor Urusan Agama aktif membantu tugas-tugas pegawai dan staff. Salah satunya adalah kelompok mahasiswa yang ditempatkan di KUA Kecamatan Siabu.

Informasi yang diterima, KUA Siabu bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Panyabungan melakukan pendataan sejumlah tanah wakaf untuk disertifikatkan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu wakif (orang yang memberikan wakaf) agar tanah yang telah diwakafkan betul-betul menjadi hak milik umat.

Pada kesempatan itu, Kepala KUA Siabu mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan untuk memastikan agar seluruh tanah wakaf yang ada di wilayah Kec. Siabu sudah sesuai dan tertib administrasi.

“tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan tanah wakaf yang ada di daerah Siabu sudah sesuai dengan administrasi secara agama maupun Negara. Jadi, kita mengajak BPN untuk bekerjasama dalam hal pengecekan tanah wakaf, selanjutnya kita ajukan untuk disertifikatkan” kata beliau

Program ini melibatkan para mahasiswa untuk merapikan seluruh berkas dan persyaratan wakaf. Salah satu mahasiswa praktikum dari Prodi HES, Hotman Saleh Lubis, mengatakan bahwa mereka banyak belajar dan merasa senang dengan seluruh program dan kegiatan di KUA Siabu.

“kami sangat senang dan banyak belajar, terutama terkait masalah mensertifikatkan tanah wakaf ini. Kami membantu menyiapkan dan merapikan semua berkas, seperti ikrar wakaf atau akta pengganti ikrar wakaf, pengesehan najir, surat keterangan dari kepala desa setempat serta foto copy KTP dari najir” jelas Hotman

Seperti diinformasikan sebelumnya, Sekretaris Prodi, Jannus Tambunan, M.H.I., mengatakan bahwa ada 94 orang mahasiswa Prodi HES yang telah ditempatkan di 20 instansi di wilayah Mandailing Natal untuk melakukan kegiatan praktikum.

“ada 20 instansi yang menjadi lokasi praktikum kita, diantaranya sejumlah Kantor Urusan Agama (KUA), Perbankan, Kantor Pengadilan, Kantor Kemenag, Kantor Kejaksaan, Kantor Notaris dan Travel Umrah Haji, dan mahasiswa untuk praktikum semuanya berjumlah 94 orang” papar Jannus

Kemudian, masih sesuai dengan penjelasan Jannus, bahwa kegiatan pelaksanaan praktikum akan berlangsung lebih kurang selama dua bulan (03 Februari-03 April 2021).

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :