Berita / Akademik

Prodi Ekonomi Syariah STAIN Madina Lalukan Study Tour ke Sumatera Barat : Upaya Menggabungkan Antar Teori dengan Praktek

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 21 Juni 2023


Panyabungan - Rabu, 21 Juni 2023. Program studi Ekonomi Syariah menyelenggarakan kegiatan studi lapangan  perdana ke luar provinsi. Tepatnya pada Jumat (16/06/2023), mahasiswa Program Studi tersebut melaksanakan studi lapangan ke kota Padang, dan bukit tinggi, Provinsi Sumatra barat. Meski terhitung baru berdiri, namun Program Studi Ekonomi Syariah STAIN MADINA terus melakukan inovasi berbagai kegiatan yang menunjang bidang akademik. Seperti yang kita ketahui bahwa mahasiswa merupakan agent of change, maka kegiatan studi lapangan tersebut diselenggarakan dalam rangka untuk pendalaman mata kuliah Ekonomi Kreatif dan Pariwisata.

Studi lapangan diikuti oleh sebanyak 50 mahasiswa selama 3 hari dengan didampingi dan dibimbing  oleh Dosen Program Studi Ekonomi Syariah yaitu Nurintan Siregar, M.E ,  Enni Sari Siregar, M.E. Dalam kegiatan studi lapangan tersebut Wakil ketua Bidang Adminitrasi Umum dan Keuangan STAIN MADINA, bapak Dr. H. Kasman, M.A. dan Sekretaris Prodi Paisal Rahmat, M.E menyempatkan hadir di sela-sela penelitian di Kota Padang, beliau mengatakan bahwa kegiatan studi lapangan ini perdana dilakukan oleh mahasiswa STAIN MADINA ke luar provinsi, "Semoga nantinya semua program studi di kampus kita mengadakan studi lapangan seperti ini, karna mahasiswa perlu mengetahui realita bukan sekedar teori, maka pendalaman materi sangat diperlukan." ujar beliau.

Studi lapang ini dilaksanakan dimana peserta mengunjungi tempat tempat wisata yang berada di provinsi sumbar, peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan menyebar kebeberapa lokasi, untuk melakukan pengamatan untuk nantinya di susun untuk laporan penelitian. Selain berkunjung ke tempat wisata, mahasiswa juga berkunjung ke UIN Imam Bonjol Padang kampus III Sungai bangek. Terselenggaranya studi lapangan diharapkan mahasiswa yang mengambil mata kuliah diatas dapat menambah wawasan, pengetahuan dan mampu mengaplikasikan ke dalam kehidupan nyata. Disamping itu juga diharapkan menjadi modal dasar dalam melaksanakan tugas ketika para mahasiswa sudah memasuki dunia kerja.

Pada kesempatan lain, Ketua Prodi Ekonomi Syariah Faisal Affandi, M.E.I meminta maaf tidak bisa ikut serta dalam kegiatan tersebut karena ada kegiatan lain yang tidak bisa di tinggalkan. Namun beliau sangat mengapresiasi Dosen pembimbing dan kesungguhan mahasiswa dalam kegiatan study lapangan, “studi lapangan merupakan ajang untuk melihat realita di lapangan lalu bandingkan dengan teori ketika di kelas”. Ujar beliau.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)
 

Share To :