Berita / Akademik

Prodi PAI STAIN Madina Sebar Mahasiswa PPL di 15 Sekolah Wilayah Mandailing Natal

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 03 Februari 2021


Panyabungan – Rabu, 03 Februari 2021. Prodi PAI STAIN Madina mengirim mahasiswa ke sejumlah sekolah di Mandailing Natal. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester VIII Prodi PAI.

Pada pelaksanaan PPL ini, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., menyampaikan harapannya bahwa mahasiswa PAI yang akan terjun ke lembaga pendidikan harus mampu menerapkan kesesuaian antara teori dan praktik, antara ilmu dan amal.

Sebelumnya mahasiswa diberikan pembekalan khusus untuk tugas utama mereka dalam kegiatan PPL. Dr. H. Kasman, M.A., sebagai narasumber dalam kegiatan itu menyampaikan bahwa mahasiswa PAI yang sudah banyak belajar teori tentang pendidikan di dunia kampus, sudah tiba saatnya untuk melakukan praktik di sekolahan dan masyarakat.

“selama ini ananda semua sudah banyak menyerap tentang konsep dan teori-teori dalam mendidik, jadi tiba waktunya kalian untuk mempraktikkan apa yang sudah kalian capai di bangku kuliah. Mudah-mudahan ananda semua dapat menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya” kata beliau

Menurut Ketua Prodi PAI, Muhammad Ikbal, M.Pd., bahwa kegiatan PPL ini diikuti oleh sebanyak 87 orang mahasiswa Prodi PAI dan disebarkan di 15 pesantren (sekolah) di Mandailing Natal.

“PPL kali ini ada 87 orang mahasiswa kita yang sudah kita antarkan di 15 pesantren (sekolah) di wilayah Kab. Mandailing Natal, karena masih dampak covid-19, banyak sekolah yang belum melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, otomatis jumlah sekolah sangat terbatas untuk tempat PPL mahasiswa” ujar Ikbal

Ikbal juga menambahkan bahwa pelaksanaan PPL tahun ini sedikit berbeda, karena kondisi covid-19 mahasiswa dituntut untuk siap melakukan inovasi-inovasi pengembangan dalam pembelajaran.

Masih dalam penjelasananya, penyesuaian kondisi sekolah yang menjadi tempat tugas PPL mahasiswa harus disesuaikan dengan kegiatan pembelajarannya. Memang tugas mahasiswa saat ini tentu sangat berat, karena mereka harus berupaya membuka kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua, agar proses dapat terlaksana di rumah-rumah atau sekolah.

Pada akhir paparannya, Ikbal berpesan, bahwa seluruh mahasiswa yang terjun ke lapangan harus tetap menjaga protokol kesehatan dan menjaga nama baik almamater STAIN Madina. Selain itu beliau juga berharap agar mahasiswa melakukan sosialisasi pendaftaran masuk kuliah ke STAIN Madina melalui jalur SPAN UM PTKIN.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :