Berita / Akademik

Prodi PBA STAIN Madina Berhasil Cetak Sejarah Dengan Gelar Sidang Munaqasyah Perdana

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 09 Agustus 2023


Panyabungan - Rabu, 9 Agustus 2023 - Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Madina berhasil mencetak sejarah dengan penyelenggaraan Munaqasah Skripsi perdana pada Selasa, (08/08). Acara bersejarah ini diikuti oleh dua mahasiswa terbaik, Nova Ratna Sari Harahap dan Riska Hayati, Keduanya berhasil memukau para penguji dengan penelitian berkualitas dan kemampuan presentasi yang luar biasa, serta meraih predikat yudisium cumlaude.

Dalam acara munaqasah skripsi, Nova Ratna Sari Harahap mempertahankan Skripsinya yang berjudul "Tadris al-Mufradat fi Tarqiyah Maharah al-Kalam bi Ma’had Daar as-Salam Simpang Limun Labuhan Batu al-Janubiyah Sumatra asy-Syamaliyah". Skripsi ini membahas tentang pengajaran kosakata dalam pengembangan keterampilan berbicara bahasa Arab di Ma’had Daar as-Salam Simpang Limun Labuhan Batu al-Janubiyah Sumatra asy-Syamaliyah. Nova mampu menggambarkan dengan jelas metode pengajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab melalui penggunaan kosakata dalam lingkungan pembelajaran tertentu.

Sementara itu, Riska Hayati juga berhasil menarik perhatian para penguji dengan skripsinya yang berjudul "Tahlil Huruf al-'Athaf wa Ma'aniha fi surat al-Waqi'ah". Penelitiannya mengupas secara mendalam tentang analisis huruf al-'athaf  dan maknanya dalam surat al-Waqi'ah dalam Al-Qur'an. Riska berhasil membuktikan pemahaman yang mendalam terhadap aspek linguistik dan tafsir ayat-ayat tersebut, membawa hasil penelitiannya menjadi sumbangan berharga bagi pemahaman lebih mendalam terhadap teks suci umat Islam.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Syaipuddin Ritonga, M.Pd, menyatakan kebanggaan dan apresiasi yang tinggi atas prestasi kedua mahasiswi tersebut. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya menjadi generasi pertama PBA STAIN Madina yang memberikan teladan dalam penulisan skripsi dan kualitas penelitian yang mendalam. "Prestasi Nova dan Riska adalah tonggak awal dari banyak generasi yang akan mengukir prestasi serupa di masa depan," ujar beliau.

Selamat kepada Nova Ratna Sari Harahap dan Riska Hayati atas prestasi luar biasa yang telah mereka raih. Semoga keberhasilan ini akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa PBA STAIN Madina yang akan datang untuk terus mengembangkan kualitas akademik dan kontribusi ilmiah yang berharga.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :