Berita / Kampus

Prodi PGMI STAIN Madina Ikuti Mukernas PD PGMI se-Indonesia dan International Conference ke-9 di IAIN Syekh Nurjati Cirebon

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 04 Agustus 2023


Panyabungan - Jum'at, 04 Agustus 2023. Prodi PGMI STAIN Madina ikuti pelaksanaan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) Perkumpulan Dosen PGMI se- Indonesia dan International Conference ke-9. Kegiatan tersebut mengambil tema Curriculum Transformation: Kurikulum Merdeka for Facing the Era of Society 5.0. Agenda ini dilaksanakan selama 3 hari (28-30/07) di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kegiatan Mukernas dan konferensi internasional ini di buka oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M. Ag. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada peserta Mukernas dan ketua PD- PGMI se-Indonesia.Ia juga menyampaikan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon saat ini sedang bertranformasi dari IAIN Menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI). Menurutnya, ini merupakan pilot project dari Menteri Agama RI, yaitu dengan dibukanya Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Prodi PAI.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua, khususnya dosen PGMI yang ada di Indonesia dapat menambah dan mengembangkan keilmuannya untuk meningkatkan Prodi PGMI di Instansi masing-masing," ujarnya.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. Saefuddin, M.Ag menyampaikan terimakasih kepada PD-PGMI se-Indonesia yang telah mempercayai jurusan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai tuan rumah pada pelaksanaan Mukernas dan konferensi Internasional ke-9 PD-PGMI se-Indonesia.

Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I, Ketua Umum PD PGMI mengatakan, kegiatan Mukernas ini adalah kegiatan yang pertama kali dilaksanakan bagi pengurus baru PD-PGMI periode 2022-2027 di Cirebon. Beliau mengharapkan kegiatan ini menjadi sarana untuk merumuskan berbagai kegiatan dalam Upaya peningkatan dan mendukung akreditasi prodi PGMI.

“Harapannya kegiatan ini bisa memberikan kontribusi untuk peningkatan dan mendukung akreditasi program studi PGMI dari institusi masing- masing menjadi unggul," ujar beliau.

Beliau juga berharap peserta bisa memanfaatkan momentum pertemuan ini untuk memperkuat keilmuan Prodi PGMI, memperkuat komitmen dan pengembangan Prodi PGMI, dan berkomitmen bersama untuk meningkatkan karir para dosen PGMI.

Ketua Prodi PGMI STAIN Madina Perulian Siregar, M.Pd.I menyatakan bahwa banyak hal yang dapat diambil dalam pertemuan ini. Beliau menyatakan siap untuk memberikan kontribusi bagi prodi PGMI STAIN Madina.

“Kita siap meberikan kontribusi bagi STAIN Madina, ajang sharing informasi yang kita lakukan pada pertemuan ini sekaligus materi yang kita dapati akan kita kembangkan nantinya pada prodi PGMI STAIN Madina,” ujar Parulian.

Di sisi lain, Rahmi Seri Hanida, M.Pd, Sekprodi PGMI STAIN Madina yang turut hadir pada agenda tersebut mengharapkan doa dan dukungan dari stakeholder, dosen dan mahasiswa PGMI serta selutuh keluarga besar STAIN Madina. Harapan beliau dengan suksesnya kegiatan ini dapat dasar tranformasi bagi pengembangan dan kemajuan prodi serta peningkatan mutu dan akreditasi PGMI STAIN Madina.

Sebagai Informasi, pada acara tersebut Prodi PGMI STAIN Madina mendapat anugerah sebagai “Prodi Teladan Terpopuler” Peringkat ke-3.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :