Berita / Kampus

Mukhtar Halim, S.Kom Kepala TIPD STAIN Mandailing Natal Hadiri Focus Group Discussion (FGD) Di Metro Lampung

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 14 Desember 2022


Panyabungan - Kamis, 14 Desember 2022. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) STAIN Mandailing Natal hadiri kegiatan Focused Group Discussion (FGD) Peningkatan Layanan dan Tata Kelola Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN) se Indonesia yang diikuti oleh para kepala TIPD. Agenda ini berlangsung selama 3 hari yaitu 12-14 Desember 2022. Berlokasi di Akasia Room Aidia Grande Hotel Kota Metro Propinsi Lampung, acara secara resmi dibuka oleh Rektor IAIN Metro yang sekaligus menjadi tumah kegiatan ini.

Rektor IAIN Metro Dr. Hj. SIti Nurjanah, M.Ag., PIA. yang hadir secara langsung untuk membuka acara didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Ida Umami, M.Pd.Kons, Kepala Biro Administrasi Umum, AKademik, dan Kemahasiswaan (AUAK) Dr. Ahmad Supardi, M.A. yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan FGD, Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI), Dr. Buyung Syukron, S.Ag. SS, MA., Koordinator Bagian Umum, Dra. Mugi Hastuti, Koordinator Bagian Perencanaan dan Keuangan Agus Hamdani, M.H., dan tentunya Kepala TIPD IAIN Metro Haris Setiaji, M.T.I.serta beberapa subkoordinator dan panitia pelaksana kegiatan FGD dari IAIN Metro.

Ketua panitia lokal yang juga merupakan Kepala Biro AUAK IAIN Metro Ahmad Supardi dalam sambutannya menyapa para Kepala TIPD yang hadir pada saat itu.

“Kami Ucapkan selamat datang di Kota Metro dan IAIN Metro, semoga dalam penyambutan dan penyiapan tempat yang dilakukan oleh IAIN Metro sesuai dengan harapan dan mohon maaf jika terdapat kekurangan,” terang Kabiro AUAK.

“Harapannya kegiatan yang diikuti oleh para pakar IT di PTKIN ini akan menghasilkan rekomendasi yang sangat penting untuk kemajuan PTKIN kedepan,” sambungnya.

Ketua Forum PPIPD PTKIN se Indonesia, Undang syaripudin M. Kom yang juga merupakan kepala PPIPD UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyampaikan arah pembahasan kegiatan FGD kali ini.

“Kegiatan kali ini dihadiri lebih dari 70 persen PTKIN se Indonesia, ada 40 PTKIN yg ikut hadir pada kegiatan yang di gelar di IAIN Metro. Akan ada 3 rekomendasi yang akan dibahas pada kali ini,” terang Undang.

Lebih lanjut beliau menjelaskan Pembuatan AD (Anggaran dasar), ART (anggaran Rumahtangga) dan logo serta susunan pengurus forum juga akan menjadi pokok bahasan pertemuan forum ini.

"Selain itu Masterplan yg sudah dirancang sebelumnya selanjutnya akan diresmikan pada forum ini sebagai bahan informasi kepada Kementerian,” sambung Kepala TIPD UIN Bandung tersebut.

Pada sambutan pembukaan acara FGD, Rektor IAIN Metro mengungkapkan rasa bahagia dan bangga atas kepercayaannya untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan.

“Rasa bahagia dan bangga IAIN Metro ditunjuk terpilih sebagai tempat kegiatan FGD kali ini, Forum TIPD PTKIN se Indonesia. Kegiatan ini telah dilaporkan secara langsung ke Dirjen Pendis bahwa ada kegiatan Forum TIPD PTKIN se Indonesia untuk merumuskan sebuah kegiatan untuk output informasi dan teknologi PTKIN se Indonesia,” sambut rektor.

Beliau juga menjelaskan sebagaimana  yang sudah diharuskan Kemenag (Kementerian Agama) untuk melakukan transformasi digital, dan kegiatan ini merupakan salah satu dukungan untuk melaksanakan dan mewujudkan tranformasi digital tersebut.

Mukhtar Halim, S.Kom selaku Kepala UPT TIPD STAIN Mandailing Natal mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan pengelolaan serta pengolahan data berbasis digital STAIN Mandailing Natal. Untuk itu beliau berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas TIPD kedepannya.

Sebagai informasi, seusai agenda pembukaan,  Kegiatan FGD dilanjutkan dengan melakukan ramah tamah kepala TIPD PTKIN se Indonesia. Acara ini dihadiri oleh 42 dari 58 Kepala TIPD UIN, IAIN dan STAIN PTKIN se Indonesia.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :