Berita / Akademik

Prodi PGMI STAIN Madina Luncurkan Program Gerakan Ayo Literasi Bagi Mahasiswa

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 19 Desember 2021


Panyabungan – 19 Desember 2021. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAIN Madina baru-baru ini meluncurkan program literasi secara intensif. Kegiatan ini diluncurkan dengan bertajuk “Gerakan Ayo Literasi” (16/12/2021).

Sesuai dengan penyampaian Ketua Prodi PGMI, Parulian Siregar, M.Pd.I., bahwa kegiatan literasi tersebut diluncurkan untuk merealisasikan visi dan misi STAIN Madina bagi mahasiswa PGMI khususnya.

“Untuk menjadi mahasiswa unggul dan kreatif tentu tidak cukup proses pembelajaran di ruangan saja, namun mahasiswa harus lebih banyak mengadakan kegiatan diskusi, membaca dan kegiatan ilmiah lainnya” papar beliau

Lebih lanjut, Parulian juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan literasi tersebut seluruh mahasiswa membentuk grup literasi atau diskusi. Sehingga dalam pelaksaan kegiatan, masing-masing grup bisa dipantau dengan mudah.

“mahasiswa PGMI diwajibkan berdiskusi dengan dosen, praktisi pendidikan dan tokoh-tokoh lainnya. Dalam satu grup terdiri dari 5-7 mahasiswa, sedangkan jumlah pertemuan yang harus dilakukan masing-masing grup minimal 16 kegiatan setiap semester dan pertemuan diskusi ini diluar proses pembelajaran” lanjut beliau

Sebagai informasi, bahwa kegiatan literasi ini disambut dengan antusias oleh seluruh mahasiswa PGMI. Tanpa dikomandoi, masing-masing grup telah menghubungi sejumlah narasumber yang akan dijadikan sebagai pendamping diskusi atau sumber informasi.

Pada kesempatan itu, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., menyambut dengan antusias sejumlah mahasiswa yang menemui beliau di ruangan kerjanya.

“kegiatan ini tentu akan banyak memberikan manfaat bagi ananda semua, membaca dan berdiskusi merupakan pintu masuk untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Ayat yang pertama turun adalah perintah untuk melakukan membaca atau literasi, jadi gerakan literasi ini  bagian dari ajaran agama kita” ujar beliau

Sebagai penutup, Prodi dan dosen PGMI tidak hanya memenuhi tugas administrasi dan pengembangan karir individual tetapi lebih dari itu melangkah lebih jauh merencanakan kualitas dan mutu mahasiswa. Karena bagi Prodi PGMI, sukses tidak kenal status dan tempat, namun harus dilakukan dengan usaha dan doa.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :