Berita / Prestasi

Selamat! Prodi HES STAIN Madina Berhasil Meraih Akreditasi UNGGUL

Admin Humas - 26 September 2024


Panyabungan – Kamis, 26 September 2024. STAIN Mandailing Natal kembali catatkan sejarah, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor sertifikat 6001/SK/BAN-PT/Ak/S/IX/2024. Pencapaian ini merupakan pertama kalinya bagi Program Studi di lingkungan STAIN Mandailing Natal yang meraih Akreditasi Unggul sejak STAIN Mandailing Natal berdiri. Prestasi membanggakan ini diraih setelah melalui proses asesmen lapangan yang berlangsung secara luring selama dua hari, mulai tanggal 12 hingga 13 September 2024.

Ketua STAIN Mandailing Natal, Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat atas pencapaian luar biasa ini. “Prestasi ini merupakan buah dari kerja keras seluruh civitas akademika, tim penyusun borang, khususnya dosen dan mahasiswa Prodi HES. Akreditasi Unggul ini membuktikan bahwa kualitas pendidikan di STAIN Mandailing Natal terus meningkat dan mampu bersaing di tingkat nasional,” ujar Prof. Sumper.

Senada dengan Ketua STAIN, Ka. Prodi HES, Asrul Hamid, M.H.I, juga mengungkapkan rasa bangganya. “Pencapaian ini merupakan hasil dari kerja sama yang baik antara seluruh elemen di Prodi HES, baik itu Ka. Prodi dan Sekretaris Prodi, Dosen, Mahasiswa, Stakeholder, Mitra Kerjasama, dsb. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat,” ungkapnya.

Beliau mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan segenap unsur pimpinan serta keluarga besar STAIN Madina atas dukungan dan doa yang telah diberikan. Asrul juga mengungkapkan sebelum ini akreditasi yang dimiliki oleh Prodi HES adalah Baik atau C, namun Prodi HES terus berupaya meningkatkan manajemen prodi untuk meraih hasil maksimal. Bermodalkan semangat kinerja dan terus berupaya lebih baik lagi dalam pengelolaan Program Studi menjadikan Prodi HES mendapat predikat UNGGUL pada Akreditasi kali ini.

Tidak sampai disitu, Sekretaris Prodi HES, Resi Atna Sari Siregar, M.S.I. menambahkan bahwa Akreditasi Unggul ini menjadi motivasi bagi Prodi HES untuk terus berinovasi dan mengembangkan diri. “Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas lulusan agar mampu bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang penyusun borang Akreditasi sekaligus Kepala P3M, Suryadi Nasution, M.Pd., menjelaskan bahwa proses asesmen lapangan yang dilakukan oleh asesor BAN-PT berjalan dengan lancar. “Asesor sangat mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Prodi HES untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” jelasnya.

Dengan diperolehnya Akreditasi Unggul ini, Prodi HES STAIN Mandailing Natal semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu program studi yang berkualitas di Indonesia. STAIN Mandailing Natal juga terus memacu seluruh Program Studi untuk meningkatkan kualitasnya demi pelayanan optimal dan berkomitmen bagi kemajuan Pendidikan dan masa depan anak bangsa.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas) 

Share To :